Memperingati Hari Raya Idul Adha, SMP Negeri 3 Potong 2 Ekor Lembu

sentralberita|Medan~Makna Hari Raya Idul Adha terletak pada pengorbanan, keikhlasan serta ketaatan yang merupakan nilai-nilai penting dalam Islam.Sejarah perintah Allaah Swt. kepada Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail menjadi inti dari perayaan ini.

Demikian menurut Ketupat ( Ketua Panitia ) Qurban SMP Negeri 3 Medan, Reyhan, Angkatan tahun 86′. Tahun ini Qurban sudah 2 kali diadakan di SMP Negeri 3 Medan, pada Selasa ( 18/6). Tahun ini ada 14 orang Alumni yg berQurban yang berdomisili di Medan, Jawa bahkan Australia.

“Dalam peringatan ini umat Muslim melaksanakan ibadah Qurban dengan menyembelih hewan seperti lembu, sapi, kambing/domba. Daging hewan Qurban ini dibagi-bagikan buat yang membutuhkan nya, sebagai wujud nyata dari kepedulian sosial serta rasa solidaritas buat sesama.”

Baca Juga :  Rita Wizna: PB IKA UMA Ini Rumah Besar Kita Bersama

Bagi-bagi hewan Qurban ini juga mengajarkan bagi kita pentingnya berbagi dan membantu sesama diantara kita terutama bagi orang yang kurang mampu. ” Tahun ini daging Qurban dibagi-bagikan buat guru, penjaga sekolah, petugas kebersihan sekolah, para alumni, warga setempat & tukang potong,” jelas Rey demikian pria ini disapa didampingi Sekretaris, Dodi Angkatan 88′ dan Liza Angkatan tahun 92′ selaku Bendahara.

Qurban yang sudah dua kali diadakan oleh SMP Negeri 3 Medan ini, sudah beberapa kali diadakan di berbagai tempat, setiap tahunnya.

Bagi Alumni yang ikut Qurban bisa dilakukan secara cicil atau kontan. ” biasanya dicicil selama 10 bulan,” imbuh Rey lagi.

Adapun yang ikut Qurban untuk 1445 H tahun ini ada sekitar 14 orang diantaranya Indra Jaya, Teuku Hasymi, Rachmad Pramulia, Elvina Dasopang, Junaidi Chaniago, Liza Fitriana dan lain-lain.( Debbi Safinaz )

Baca Juga :  Pengukuhan dan Raker IPSM Sumut Periode 2023-2028, Gubernur Harapkan Pekerja Sosial Masyarakat Selalu Siap Jalankan Misi Sosial