Dukung Pemilu 2024, Ibadah Rabu Abu Paroki Katolik Parapat di Gelar Pagi Hari

sentralberita  | Parapat ~ Mendukung Pesta Demokrasi Pemilu 2024, Ibadah Rabu Abu mengawali masa Prapaskah sebagai tradisi Umat Katolik mengawali Puasa, Paroki Parapat dan stasi jajaran menggelar perayaan Ibadah pada hari Rabu (14/2/2024) pukul 07.00 Wib.

Pastor Paroki Katolik Parapat, RP Hiasintus Sinaga OFM.Cap menjelaskan kepada wartawan, atas pertimbangan Dewan Pengurus Paroki (DPP) maka dalam mendukung umat Katolik menentukan pilihannya dalam Pesta Demokrasi Pemilu 2024.

“Karena pesta Demokrasi bersamaan dengan awal Puasa Katolik, jika dilaksanakan seperti kebiasaan selama ini di sore hari, maka umat sudah terkonsentrasi pada hasil pemilihan pesta Demokrasi, maka DPP memutuskan untuk menyelenggarakan Rabu Abu di pagi hari sebagai dukungan Paroki Parapat dalam mensukseskan pemilu 2024,” kata Pastor Hiasintus.

Baca Juga :  Polres Pematang Siantar Bersama BNNK Pematang Siantar dan Relawan Bersinar Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Disampaikan Pastor bahwa antusias umat katolik mengikuti ibadah Rabu Abu di pagi hari ternyata jumlahnya cukup banyak.

“Saya tidak tahu di stasi persentasi kehadiran saat ibadah pagi ini,” sebut Pastor.

Namun menurut Pastor, perubahan jadwal Ibadah Rabu Abu Umat Katolik, Pihak Keuskupan Agung Medan (KAM) juga memberi kebebasan untuk melakukannya pada pagi afau sore hari Rabu dan juga besok (Kamis).

Terkhusus di Paroki Parapat, Harapan DPP menggelar di pagi hari agar sebelum memilih umat berdoa terlebih dahulu dari Gereja.

“Kepada umat katolik diharapkan terlebih dahulu sebelum ke TPS agar berdoa saat ibadah Rabu Abu ini dan kemudian memilih dengan Mengikuti suara hati, bukan karena berbagai serangan fajar,” ucap Pastor Sinaga.

Baca Juga :  Kapolres Labuhanbatu Jalin Silaturahmi dengan Ketua MUI Ajak untuk Pemilu Damai

Pastor juga berharap hari ini khusus bagi umat Katolik sebagai momen hari special seperti hari Valentine, Pesta Demokrasi (Pemilu 2024) dan Perayaan Ibadah Rabu Abu.

“Semoga momen special ini membawa kedamaian yang penuh cinta kasih saat kita merayakan pesta demokrasi,” tutup Pastor. (Feri)