Kades dan Kadus di Bilah Hilir Hadiri Sosisalisasi Caleg, Pulang Dapat Uang Saku Rp 150 Ribu

sentralberita | Labuhanbatu ~ Sejumlah Kepala Desa (Kades), Kepala Dusun (Kadus) dan beberapa elemen masyarakat menghadiri sosialisasi Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Sumut II Partai Nasdem Khairul Ahmad Dalimunthe, di Wisma Sopo Toba Negerilama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (24/10/2023). Pulangnya dapat uang saku Rp 150 ribu.

Kepala Desa Sei Tampang M Asmui, saat dikonfirmasi, Rabu 25/10/2023) membantah kalau dirinya dan anggota hadir serta dapat uang saku saat kedatangan Caleg nomor urut 6 tersebut.

Sementara salah seorang Kepala Desa yang enggan namanya ditulis mengaku menerima sejumlah amplop berisi uang Rp 150 ribu saat kedatangan Caleg, yang akan dibagikan kepada Kadus dan anggota yang hadir.

“Ada Rp 150 ribu, katanya sekedar uang saku. Kades masing-masing yang bagi biar gak repot,” ungkapnya.

Menurut sumber, disana, Caleg nomor urut 6 itu membagikan kartu nama, melakukan sosialisasi, sekaligus memaparkan visi misi atas pencalonannya di legislatif.

“Biasalah bang, sosialisasi sama memaparkan visi misinya,” sebut sumber.

Sumber juga mengaku pertemuan itu atas undangan dari salah satu tim pemenenangan dari kabupaten kepada sejumlah Kades di Kecamatan Bilah Hilir, dan meneruskannya kepada para Kadus.

Salah seorang Kadus yang berhasil dikonfirmasi membenarkan, sehari sebelum kegiatan ia dan kadus lain mendapat arahan dari Kades untuk menghadiri sosisalisasi, namun tidak hadir karena ia sadar, selaku perangkat desa itu melanggar. ” gak hadir aku bang nanti jadi sorotan, apalagi aku masih tergolong baru, gak berani lah,” katanya

Amatan wartawan, usai menghadiri sosialisasi, sejumlah Kades berkumpul di salah satu ruangan di Kantor Camat Bilah Hilir. Belum tahu pasti apa yang dibahas.

Namun disana, tampak Kepala Desa Tanjung Haloban Andi Rahman, didapat sedang duduk di ruang tunggu Kantor Camat. Saat disinggung kehadirannya, Andi mengatakan sedang menunggu istri ada kegiatan di Balai Kelurahan.

Andi juga tidak menampik kehadirannya di Wisma Sopo Toba, namun Andi mengaku salah masuk lokasi. “Salah masuk aku tadi,” katanya sembari tersenyum.

Tidak berapa lama, usai membubarkan diri dari Kantor Camat Bilah Hilir, sejumlah Kadus ramai kerumuni salah seorang Kades membagikan berupa amplop di Warung Bakso Amin Negerilama. (SB/BS)