Nota R.APBD Batubara 2024 Segera Di Bahas

sentralberita l Batubara ~ Fraksi di DPRD Kabupaten Batubara menyatakan setuju Nota Rancangan (R) APBD tahun 2024 untuk segera dibahas sesuai peraturan perundang undangan berlaku.

“Setelah mencermati nota rancangan ini, kami setuju untuk segera ditindaklanjuti dalam pembahasan sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku,” tukas Amirtan dari Fraksi PDI Perjuangan pada penyampaian pendapat umum fraksi atas Nota R APBD tahun 2024 dan Ranperda tentang perubahan atas Perda Kabupaten Batubara No:1 tahun 2019 tentang penyertaan modal Pemkab Batubara kepada  PDAM (Perumda Air Minum) Tirtatanjung di ruang paripurna DPRD Kabupaten Batubara, Selasa (24/10).

Fraksi Partai Golkar sebagaimana disampaikan Rohadi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Batubara mengalokasikan anggaran Universal Health Coverage dan kenaikan gaji honorer.

” Semoga program direncanakan dan dijalankan ini tidak membebani keuangan Kabupaten Batubara,” ujarnya. Melalui pandangan umum ini juga,Fraksi Golkar menyampaikan dan mengingatkan sehubungan dengan surat Sekretaris Daerah Pemerintah Provsu No : 100.1.4.2/13282 tanggal 13 Oktober 2023. Perihal penjelasan masa jabatan Bupati Batubara disertai lampiran berita acara sumpah jabatan, yang menjelaskan masa berakhir jabatan Bupati Batubara pada tanggal 27 Desember 2023

Menyarankan pengusulan Pj Bupati harus melalui pembahasan lintas fraksi dan disampaikan dalam rapat paripurna, dimana pengusulan secara administrasi melalui kelembagaan institusi DPRD dan yang menandatangani surat pengajuannya adalah Ketua DPRD, namun yang mengusulkan adalah institusi lembaga DPRD karena berkaitan dengan kelembagaan, maka Fraksi Partai Golkar menyarankan harus dilakukan pembahasan.

Fraksi Gerindra dan enam fraksi lainnya (Demokrat, PKS, Nasdem, PPP, PBB, NKB) menyimpulkan bahwa kedua Rancangan Perda Kabupaten Batubara dapat dilanjutkan pada tahap pembahasan selanjutnya bersama oleh Badan Anggaran DPRD dan OPD terkait.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Batubara M Syafi’i, SH, didampingi Wakil Ketua ini dihadiri Bupati Batubara diwakili Asisten I, Rusian Heri, S.Sos, Sekretaris DPRD, Izhar Fauzi. SH dan seluruh anggota dewan,(ru)