Wushu Sumut Satukan Tekad Raih Emas

sentralberita | Merauke ~ Tim Wushu Sumut satukan tekad dan semangat mempersembahkan prestasi terbaik pada PON XX/2021 di Papua.

Tekad tersebut dinyatakan seluruh atlet saat briefing yang langsung dipimpin Sekum KONI Sumut Chairul Azmi Hutasuhut MPd didampingi Sekum Pengprov WI Sumut Heriyanto dan Tim Manajer Harianto di Wisma Bunda Pengharapan, Selasa (28/9) malam WIT. Turut hadir dalam briefing tersebut Ketua KONI Tobasa Maradona Siregar dan Bendahara Nelson Panjaitan serta pengurus KONI Sumut Doris Aprianti Ritonga serta Fahri Nasution.

“Kita sengaja’berkumpul malam ini karena besok (Rabu, 29/9 hari ini red), akan melakoni “perang” sesungguhnya melawan lawan yang sekaligus sahabat kita. Apakah kalian siap untuk bertanding?,” tanya Chairul Azmi. Para atlet pun serempak menjawab “siapppp”.

Berdasarkan hasil drawing yang dilakukan Selasa (28/9) kemarin, untuk nomor taolu, memperlombakan enam nomor lomba, yakni taijijian putra, taijijian putri, nanquan putra, nanquan putri, changquan putra danchangquan putri. Khusus untuk changquan putra dan putri, langsung mempertandingkan nomor final. Sementara empat lainnya, merupakan nomor lomba gabungan.

Dari semua nomor di atas, hanya di changquan putri Sumut tidak menurunkan atletnya.

Sementara di Wushu Sanda, pertandingan hari pertama besok mempertandingkan lima kelas di kelompok putra, masing-masing 48 kg, 52 kg, 56 kg, 60kg dan 65 kg. Seluruh atlet Sumut turun berlomba di semua kelas.

Sekum Pengprov WI Sumut Heriyanto menyebutkan, sejauh ini kondisi tim Sumut on the track. Hasil drawing di wushu sanda menurutnya secara umum juga cukup baik.

Terkhusus di changquan putra yang langsung mempertandingkan nomor final, Heriyanto berharap Charles Sutanto dan Wilbert Sanjaya bisa menjadi pionir perolehan medali Wushu Sumut di PON Papua 2021. “Saingan di Chanquan putra cukup berat, karena di sana ada Seraf Naro Siregar (Jatim), Edgar Xavier Marvelo dan Erwien Wijayanto keduanya dari DKI Jakarta,” ujarnya.

Selain Charles dan Wilbert, untuk nomor taolu, Sumut mengandalkan Fredy dan Nicholas (taijijian putra), Dwi Arimbi ( taijijian putri), Harris Horatius ( nanquan putra) dan Dessy Indri Astuti ( nanquan putri)

Sementara lima pesanda putra Sumut yang akan tampil, Kelas 48 kg Brando Mamana Simanjorang vs Andreas (Kaltim), Kelas 52 Kg Ridwan Saragi Putra vs Boston Siagian (DKI Jakarta), Kelas 56 Kg Adi Rominto Manurung vs Ahmad Eka Listianto (Lampung), Kelas 60 Kg Manuel Prima Siahaan vs Soni Rizaldi (Kaltim) dan Kelas 65 Kg Samuel Marbun vs Ahmad Ferdianto (Riau).

Optimis

Sementara itu Tim Manejer Wushu Sumut Harianto Tan, Rabu kemarin juga sudah tiba di Merauke. Ia bahkan langsung mensuport para pesanda berlatih di di GOR Head Say.

Kepada para atlet, Harianto Tan meminta untuk tetap menjaga semangat yang selama ini sudah cukup baik. “Kita sudah tiba di Merauke. Sekarang inilah saatnya kita memperlihatkan hasil latihan yang sudah kalian lakoni cukup lama,” kata Harianto.

Ia meminta semua atlet fokus, fokus dan fokus dan jangan lupa bermohon kepada Tuhan Yang Maha Esa.(01/red)