Bank BRI Panyabungan Lakukan Simulasi Mitigasi Bencana Kebakaran

sentralberita | Mandailing Natal ~ Kobaran api menjulang tinggi dan suara sirene dari dua unit mobil pemadam kebakaran yang berada di parkiran belakang kantor BRI Panyabungan, Kamis (6/6/2024) sore. Sontak menyita perhatian pengguna jalan Willem Iskandar dan warga setempat.

Ah ternyata Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Panyabungan sedang mengadakan simulasi dan pelatihan untuk menanggulangi kebakaran yang dipandu langsung oleh Pemadam Kebakaran Satpol-PP Kabupaten Mandailing Natal yang diikuti seluruh pekerja Bank BRI Panyabungan.

Para pekerja mulai dari Pemimpin Cabang Bank BRI Panyabungan, BRC, URC serta seluruh pekerja tanpa terkecuali Satpam dan Cleaning Service antusias mengikuti kegiatan tersebut. Masing-masing pun

Salah satu pekerja Bank BRI Panyabungan memeragakan cara memadamkan api yang dilatih langsung oleh petugas Satpol-PP dan pemadam kebakaran Kabupaten Mandailing Natal. Kamis (6/6/2024) fhoto : Istimewa.

Selain menggunakan cara-cara tradisional yakni karung goni, tabung gas, pemadaman kebakaran itu juga menggunakan alat modern. Praktek langsung dilakukan dengan menyulut api di drum yang berisi bahan bakar. Api yang berkobar-kobar itu lantas dipadamkan oleh pekerja BRI secara bergantian.

Adanya api yang berkobar-kobar dan sirene mobil pemadam kebakaran Madina yang meliuk-liuk, sontak menyita perhatian pengguna jalan dan juga masyarakat setempat. kebakaran yang dikerumuni warga di halaman kantor BRI itu rupanya hanya simulasi pemadam kebakaran.

Sementara pihak kepolisian Polres Mandailing Natal juga dilibatkan dalam kegiatan untuk mengatur lalu lintas yang sempat macet dalam aksi simulasi kebakaran itu.

Kepala Satpol-PP dan Damkar Madina Yuri Andri dalam simulasi itu menyampaikan pertama kita harus selalu waspada dan jangan panik ketika ada terjadi kebakaran.

“Lakukan pemadaman api dengan alat yang ada, misal alat sederhana seperti karung/goni basah, dan bisa juga pemadaman api dengan alat pemadam api ringan (Apar). “Ujarnya.

Pemimpin Bank BRI Cabang Panyabungan Rian Darmawan mengatakan, tujuan dari simulasi ini adalah memberikan pengetahuan dan keahlian tentang tehnik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di lingkungan kerja kita masing-masing, di rumah kediaman kita atau dimanapun berada.

“Simulasi ini dilakukan pada kamis sore di parkiran belakang Bank BRI Cabang Panyabungan Kelurahan Panyabungan ll, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, kegiatan ini diikuti seluruh pekerja Bank BRI Panyabungan. “Ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Bank BRI Panyabungan Rian Darmawan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pelaksanaan latihan pemadaman bahaya kebakaran ini, suatu hal yang penting dalam melaksanakan tugas pengamanan atas aset dijajaran kantor Bank BRI Cabang Panyabungan, khusus dari bahaya kebakaran yang bisa sangat merugikan semua pihak. (FS)