GSI Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka: Bupati Sergai Berharap Ajang Ini Dapat Membangun Karakter, Disiplin, Kreativitas, dan Sportivitas

sentralberita | Sergai ~ Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai H. Adlin Tambunan resmi membuka acara Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat kabupaten tahun 2024. Pembukaan ini dilaksanakan di Stadion Lapangan Bola Kaki Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (30/5/2024).

” Peserta didik sebagai Generasi Emas Indonesia tahun 2045 dan perwujudan pelajar Pancasila berkompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila nantinya, diharap mampu menghadapi dinamika perubahan dimasa depan. Untuk itu, Pemkab Sergai telah menyusun program yang berkaitan dengan siswa yang dituangkan dalam pembinaan minat bakat dan kreativitas siswa. Ucap Bupati Sergai diawal sambutannya.

“Salah satunya adalah menyelenggarakan kegiatan GSI bagi peserta didik SMP tahun 2024. Kegiatan ini merupakan implementasi Instruksi Presiden tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional menandai semangat merdeka belajar, merdeka berprestasi untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi,” ucap Darma Wijaya.

Bupati Sergai melanjutkan, setelah adaptasi terobosan pelaksanaan GSI di masa pandemi 3 tahun lalu, maka pada tahun ini Balai Pengembangan Talenta Indonesia kembali melakukan ajang talenta di bidang sepak bola untuk jenjang SMP.

Masih kata Bupati Sergai, Dunia pendidikan di Sergai bersifat holistik dan inklusif, artinya tidak hanya fokus pada pengembangan aspek akademik saja tetapi juga mengembangkan bakat dan minat serta kesehatan fisik dan emosional peserta didik.

Menurutnya kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi sebagai wadah untuk mengekspresikan bakat dan prestasi yang terpendam di bidang olahraga.

“GSI ini diharapkan dapat menjadi ajang yang tidak hanya menghasilkan prestasi di bidang olahraga tetapi juga membangun karakter, disiplin, kreativitas, dan sportivitas di kalangan peserta didik. Dengan kompetisi yang sehat sehingga dapat melahirkan generasi muda yang tangguh, dan berdaya saing tinggi,” ujar Bupati

Melalui GSI ini, ia menyebut siswa yang tampil pada pertandingan dapat menampilkan performa terbaiknya, tampilkan daya juang yang baik, skill dan teknik dengan selalu menjunjung tinggi sportivitas.

“Dengan adanya pertandingan sepak bola ini akan terjaga kerukunan dan solidaritas. Kompetisi ini diselenggarakan dengan profesional sehingga kita mampu mencetak persepakbolaan profesional di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Wasit harus memimpin pertandingan ini dengan baik, lakukan semua dengan sportif,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, dirinya juga berpesan agar setiap tantangan yang dihadapi dan setiap kegagalan yang mungkin dialami adalah bagian dari proses belajar, jadikanlah sikap pengalaman sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik.

“Kalian yang menjadi juara nanti akan menjadi wakil dari Sergai pada lomba ataupun pertandingan di tingkat provinsi.
Ini adalah prestasi yang luar biasa, di mana jalur prestasi itu bisa kamu pilih untuk meneruskan sekolah ke jenjang berikutnya,” pesan Bupati.

Bagi yang belum juara, dirinya juga berpesan supaya jangan berkecil hati karena menurutnya para peserta yang mewakili kecamatan adalah yang terbaik yang ada di kecamatan masing-masing.

Hadir dalam kegiatan ini Kadis Pendidikan Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, MM, Pj. Camat Tanjung Beringin Nurchinta Devi Tambunan S.Si, unsur Forkopimcam Tanjung Beringin, dan para pelajar peserta GIS.(SB/ARD).