Tingkatkan Kualitas UP2K, TP PKK Kota Medan Kunjungi Kabupaten Klungkung

sentralberita | Bali ~ Setelah Kota Denpasar, TP PKK Kota Medan melakukan kembali kunjungan kerja ke Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Rabu (29/5). Selain bersilaturahmi, kunjungan dilakukan guna menggali informasi sekaligus mempelajari usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) yang telah dikembangkan Kabupaten Klungkung selama ini.

Kedatangan rombongan TP PKK Kota Medan yang dipimpin langsung Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution selaku Ketua, disambut Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Wiryani Jendrika di Kantor Bupati Klungkung.

Kahiyang Ayu mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Klungkung atas sambutan yang diberikan serta menerima kunjungan dengan sangat baik dan penuh rasa kekeluargaan. Dikatakannya, kunjungan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hasil UP2K yang akan diterapkan TP PKK Kota Medan.

“Kami juga ingin belajar bagaimana hasil UP2K benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama untuk menambah pendapatan keluarga,” kata Kahiyang Ayu.

Selain itu, melalui pertemuan ini, Kahiyang Ayu juga berharap dapat dijadikan momentum untuk saling bertukar informasi dan mempromosikan potensi daerah masing-masing.

“Mari kita jadikan kunjungan ini sebagai pertemuan awal yang banyak memberikan manfaat bagi pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengatakan, TP PKK Kabupaten Klungkung sejak tahun 2015 selalu mendapatkan nominasi sebagai Pelaksana Terbaik. Kemudian, imbuhnya, tahun 2017 mendapatkan penghargaan Pakarti Utama 3 dan tahun 2019 UP2K PKK Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida masuk nominasi tingkat nasional.

Sedangkan dalam upaya pengendalian Inflasi, jelas Nyoman, TP PKK Kabupaten Klungkung juga melakukan pembagian bibit tanaman cabe kepada seluruh TP PKK Kecamatan dan Desa sebanyak 2 kali setiap tahunnya. “Bibit cabe ini dihasilkan dari kebun dan tempat pembibitan Hatinya PKK yang berada di Desa Kusamba,” paparnya.

Usai pertemuan, Kahiyang Ayu didampingi Pj DWP Kota Medan Isabella Topan Ginting bersama Pj Bupati Klungkung dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung selanjutnya mengunjungi stand milik Kabupaten Klungkung yang menyajikan berbagai produk hasil dari kader PKK-nya.(01/red)