Pj Gubernur Sumut Apresiasi Kompetisi Bola Basket Veteran yang Diikuti Lima Negara

sentralberita | Medan ~  Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri Dinner Intercity Evergreen XVI tahun 2024 di Ballroom Regale International Convention Centre, Jalan Adam Malik Nomor 66 Medan, Jumat (17/5) malam.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Event Intercity Evergreen XVI di Medan, yang merupakan kompetisi bola basket untuk kelompok umur veteran, yang dikuti oleh peserta dari lima negara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapore dan Filipina

“Pastinya kita sangat apresiasi pelaksanaan event ini, tentu akan sangat bagus untuk menumbuhkan antusias anak-anak muda pecinta basket mengasah kemampuanya dan juga akan berdampak kepada sektor ekonomi dan parawisata di Sumut, khususnya Kota Medan,” kata Pj Gubernur Hassanudin, dalam sambutannya.

Menurut Pj Gubernur, pelaksanaan event-event olahraga yang bersifat kejuaraan merupakan peluang untuk menarik perhatian masyarakat nasional dan internasional, untuk memberikan keyakinan kepada mereka bahwa Sumut ini aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Ke depan, Pj Gubernur berharap, event-event kejuaraan bersifat massal, tidak hanya kejuaraan bola basket saja, namun juga cabang olahraga lainnya yang bersifat massal dan menggembirakan bisa dilaksanakan di Sumut.

“Kita tawarkan juga event-event apapun yang bersifat massal bisa dilaksankan di Sumut dengan catatan kita berikan kesan dan pengalaman yang berharga bagi peserta selama mereka hadir di Sumut, khususnya Kota Medan,” katanya.

Kepada para peserta, Pj Gubernur mengucapkan selamat bertanding dan raih prestasi. Juga berpesan agar tetap menjunjung tinggi suportivitas, dan memegang teguh sikap fair play.

“Berkompetisilah dengan rasa persahabatan dan persaudaraan, sehingga terpupuknya rasa persatuan dan kesatuan, “ ucap Pj Gubenur.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, Intercity Evergreen merupakan bukan hal yang baru baginya, karena dia memiliki orang tua yang aktif di kejuaraan Intercity Evergreen. Menurutnya, dunia basket merupakan dunia yang sejak kecil sudah mengiringinya,

“Dari TK setiap hari Sabtu dan Minggu, pasti dibawa bapak saya ke lapangan bersama komunitas basketnya. Jadi saya paham betul bagaimana basket ini bisa membangun sebuah persaudaraan dan kebersamaan yang kuat, namun juga bisa untuk mengangkat harkat dan martabat sebuah bangsa, “ jelas Dito.

Untuk itu, Dito mengapresiasi terselenggaranya Intercity Evergreen 2024 dan berharap komunitas basket veteran bisa dilestarikan hingga ini bisa mendunia. “Jadi kami dari Kemenpora mengaprsiasi kepada founder Intercity Evergreen, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan Perbasi Sumut selaku tuan rumah yang sudah bekerja dengan baik untuk menyuksekan Intercity Evergreen XV1 tahun 2024,” ucapnya.

Ke depan Dito juga berharap, adanya dukungan pemerintah agar Intercity Evergreen lebih besar bisa lebih besar lagi, karena ini bisa berdampak langsung secara ekonomi bagi tuan rumah selaku penyelenggara kegiatan.

“Tadi saya lapor ke Pak Pj Gubernur, bahwa tadi kami mau ke Medan hampir seluruh hotel bintang empat dan lima di Kota Medan itu full, semua pada bingung dan saya jelaskan itu karena acara Intercity Evergreen yang pesertanya dari 5 negara Indonesia, Malaysia , Thailand, Singapore dan Filipina, ini sangat membanggakan dan sangat baik untuk perekonomian daerah,” jelasnya

Ketua Pengprov Perbasi Sumut Iwan Hartono Alam mengatakan, ada 85 tim yang mengikuti kejuaraan Intercity Evergreen XVI di Medan, tidak saja dari Indonesia tapi diikuti peserta dari Malaysia, Thailand, Singapore dan Fhilipina.

Untuk itu Iwan Hartono Alam mengucapkan terima kasihnya kepada pihak-pihak yang memberikan kepercayaan kepada Perbasi Sumut, selaku tuang rumah penyelenggaraan kejuaraan Intercity Evergreen XVI.

Turut hadir Anggota DPR RI Sofyan Tan, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharuddin Siagian, Ketua Pengurus Pusat Perbasi Indonesia Dani Kosasi, Ketua Pengprov Perbasi Jakarta Lexyndo Hakim, dan para peserta Intercity Evergreen.**(01/red)