Komisi VIII DPR RI ke Sumut: Persiapan Pemberangkatan Haji Capai 100 Persen

sentralberita|Wakil ketua komisi VIII DPR RI,H. Marwan Dasopang dan rombongan, sejak tanggal 2 Mei hingga 5 Mei 2024 melakukan kunjungan kerja ke Sumut dalam rangka reses,dan mengadakan pertemuan dengan pihak mitra kerja, terutama Kantor Wilayah Kemenag Sumut.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Drs. H. Ahmad Qosbi, S.Ag MM mengatakan bahwa persiapan pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi capai 100 persen.
Hal ini disampaikan oleh beliau sewaktu menerima kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI bertempat di Asrama Haji Medan..

” Persiapan haji sudah mencapai 100 persen, PPIH Embarkasi Medan siap proses keberangkatan jamaah calon haji 1445 H/ 2024 M. Kami siap mensukseskan program penyelenggaraan haji tahun ini”, kata Kakanwil kepada Marwan Dasopang dan rombongan Komisi VIII DPR RI.

Kakanwil menyampaikan bahwa musim haji 2024 ini, ada 8.624 jemaah calon haji dari Sumatera Utara akan diberangkatkan.

Dari jumlah tersebut visa jemaah calhaj hampir rampung 100 %. ”Tahun 1445 H ini calhaj Sumatera Utara adalah 8328 kuota utama, 296 tambahan, 121 petugas kloter, 66 petugas haji daerah, 31 pembimbing dan sebanyak 416 prioritas lansia”, ucap Kakanwi Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi l.

Qosbi mengatakan data kesehatan jemaah calon haji Sumatera Utara pada tahun 2024 ini yakni sebanyak 8690 calhaj yang telah diperiksa, 3 orang calhaj masih berada pada status harus dievaluasi dan 3196 calhaj berada pada kategori risti (resiko tinggi).

Kakanwil juga mengungkapkan bahwa tahun ini adanya pengembangan pelayanan konsumsi. Ruang makan dan menu makanan bagi calhaj yang resti akan dibedakan dengan calhaj yang reguler (kesehatan kategori normal),

Pembedaan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi jemaah calon haji. ” Nanti menu makanannya akan kita sesuaikan dengan kondisi calon jamaah, Bapak Ibu yang berada di kategori resti akan kita sesuaikan menunya, yang lansia juga kita sesuaikan agar jamaah nyaman sewaktu makan”, tambah beliau.

Salah satu agenda Kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara masa persidangan IV Tahun Sidang 2023 -2024 kali ini yakni untuk menerima masukan atas persiapan pemberangkatan jemaah calon haji tahun ini khususnya di Sumatera Utara.

Ketua Tim pada kunker reses Komisi VIII DPR RI ini yakni H. Marwan Dasopang dengan anggota Hj. Itje Dewi Kuraesin, Muhammad Ali Ridha, Hj. Idah Syahidah Rusli Habibie, Supratman Andi Agta, Obon Tabroni, H. Iskan Qolba Lubis, K.H Surahman Hidayat, H. Achmad, H. Yandri Susanto dan Fachry Pahlevi Konggoasa.

Ketua Tim Reses, Marwan Dasopang menyampaikan bahwa kami sedang berupaya mendorong pemerintah dan mendukung pemerintah terhadap penambahan kuota di Indonesia.

” Kita bersama pemerintah sama sama berupaya terhadap penambahan kuota, yang jelas setelah penambahan kuota pasti ada konsekuensi yang kita terima, terutama perbaikan perbaikan pelayanan di berbagai area baik selama di Arab Saudi maupun di tanah air.

Biaya haji saat ini kini semakin mahal, biaya biaya selama di Arab Saudi meningkat. Dari biaya perjalanan haji ini calhaj membayar biaya haji dibantu dengan nilai manfaat biaya haji yakni sekitaran 37 juta, ini perlu sama sama kita cermati, kami mendorong BPKH untuk melihat peluang peluang adanya penambahan nilai manfaat ini. Kalo bisa jamaah bayar 1/3 dari biaya haji dan 2/3 di dapat dari nilai manfaat setoran haji, kalo bisa”, jelas Marwan.

Beliau juga mengingatkan agar terus mengedukasi masyarakat agar terhindar dari penipuan penipuan yang dilakukan oknum dengan janji berangkat haji tanpa antri, tahun ini juga. ”.

Yang pasti , seluruh petugas dan jemaah haji tahun ini mendapatkan visa haji . Mereka sangat ketat,jika ada jemaah haji yang tidak memiliki visa,akan dikenakan tindakan tegas.

Beberapa kasus kita temukan, masih ada masyarakat yang tertipu iming iming segera berangkat haji secepatnya setelah menyetor setoran biaya haji, ini perlu kita edukasi masyarakat”, kata Marwan dan berharap Kemenag RI segera mencabut ijin KBIHU yang diduga bermain dalam pemberangkatan jemaah haji tanpa antri .

Pj Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Ir. Muhammad Armand Effendy Pohan, M.Si menyampaikan bahwa pemerintah Sumatera Utara bersama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah haji dan mengoptimalkan peran petugas demi memberikan pelayanan terbaik.

Pada kesempatan ini pula Kepala UPT Asrama Haji Medan, Drs. H. Ramlan Sudarto mengatakan bahwa Embarkasi Medan siap menerima calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun ini.
” Kami akan memberikan pelayanan terbaik, mulai dari penerimaan, akomodasi, ruang makan, ruang klinik dan Aula pemberangkatan”, kata Ramlan.

Kepala UPT Asrama Haji mengungkapkan seperti tahun lalu one stop service akan terus dilaksanakan dengan pelayanan yang semakin baik. Calon jamaah haji akan dilayani dalam satu atap hingga beristirahat di hotel sebelum pemberangkatan.

Kakanwil Kemenagsu juga berharap semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan minim permasalahan.
” Kita semua siap untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, minim masalah dan jika ditemukan juga dapat kita selesaikan dengan sebaik-baiknya”, tambah Kakanwil Kemenag Sumut.
(diurnawan)