Tingkatkan Patroli Gabungan Tiga Pilar Dan Razia, Jelang Bulan Suci Ramadhan

sentralberita | Sibokga ~ Dalam upaya pencegahan gangguan keamanan, ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), serta antisipasi berbagai potensi kerawanan Usai Pemilihan Umum 2024/Pesta Demokrasi dan Razia Penyakit Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Sibolga, Polres Sibolga terus mengintensifkan kegiatan Patroli Gabungan Tiga Pilar dan Razia, menciptakan kondisi Kamtibmas yang Kondusif menjelang Bulan Suci Ramadhan di wilayah Hukum Polres Sibolga. Pada Senin 11 Maret 2024, sekitar pukul 22.00 WIB, sebuah operasi besar-besaran telah dilaksanakan di Jalan SM. Raja Perbatasan Kota Sibolga, Apel Kesiapan dipimpin Pawas IPTU Martua Sinaga didampingi oleh Padal IPDA Paris Sinurat, SH.

Patroli Gabungan Tiga Pilar dan Razia tersebut, melibatkan Personel Polri, TNI dan Sat PP Pemko Sibolga yang secara khusus diterjunkan untuk mengamankan area-area strategis dan rawan gangguan Kamtibmas. Petugas melakukan pemeriksaan kendaraan dan individu yang mencurigakan, serta menegakkan tindak pencegahan terhadap berbagai bentuk pelanggaran hukum. Kegiatan tersebut menyambangi Warung Tuak Pak Hutabarat di Jalan SM. Raja Sibolga, menghimbau kepada pengunjung warung Tuak dalam menjelang bulan suci Ramadhan agar menjaga ketertiban umum dan membuka warung tidak terlalu malam sehingga dapat mengganggu jam istirahat masyarakat sekitar. Selanjutnya Tim bergerak menuju Ucok Home Stay Jalan Lumba Lumba Sibolga, agar tidak diperkenankan melakukan aktifitas Prostitusi dan penggunaan Narkotika. Kemudian Tim Patroli menuju ke Hotel Horas dan Home Stay Family di Jalan SM. Raja dan Jalan Albertus Kota Sibolga, kemudian menghimbau agar tidak diperkenankan melakukan aktifitas Prostitusi. Kemudian melaksanakan Razia di Karoke dan Resto Berbunga di Jalan Bawal Sibolga, memberikan himbauan kepada Pengelola Karoke agar tidak membuka terlalu malam jelang bilang suce Ramadhan. Dan selanjutnya Tim Patroli melaksanakan Patroli di Lokasi Rawan C3 (Curat, Curas dan Curanmor) serta kejahatan jalanan lainnya.

Baca Juga :  Antisipasi Kejahatan Jalanan, Polres Sibolga Laksanakan Patroli Perintis Presisi

Kapolres Sibolga AKBP Achmad Fauzy, SH, SIK, MIK melalui Kabag Ops Polres Sibolga KOMPOL Asmon Bufitra, SH, MH, memberikan penjelasan mengenai maksud dan tujuan dari kegiatan Patroli Gabungan Tiga Pilar dan Razia yang digelar. “Kami bertekad untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi Masyarakat Sibolga Usai berlangsungnya Pesta Demokrasi / Pemilu 2024 dan jelang Bulan suci Ramadhan 1445 H,” ujar Asmon. “Kegiatan Patroli Gabungan Tiga Pilar dan Razia ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah gangguan Kamtibmas yang dapat terjadi di wilayah kami serta memastikan warga dapat berpartisipasi Usai Pesta Demokrasi / Pemilu 2024 dan jelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H, tanpa kekhawatiran.”

Baca Juga :  Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Sibolga Laksanakan Deklarasi Anti Hoax Dan Anti Narkoba

Menurut Kabag Ops, kegiatan ini merupakan bagian dari strategi proaktif Kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan di Sibolga. Lebih jauh, Asmon menambahkan, “Kami tidak hanya melakukan pemeriksaan dan penertiban, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada Masyarakat. Kami ingin memastikan bahwa semua elemen Masyarakat merasa dilindungi oleh hukum dan kehadiran Polri, TNI dan Sat Pol PP Sibolga, yang profesional.” Ujar Kabag Ops.

Patroli Gabungan Tiga Pilar dan Razia yang dilaksanakan Polres Sibolga mendapatkan tanggapan positif dari Masyarakat dan berbagai pihak. Banyak yang berharap Razia tersebut dapat meningkatkan keamanan, ini akan berkontribusi Usai pelaksanaan Pemilu 2024/Pesta Demokrasi dan melaksanakan Puasa di Bulan Ramadhan yang aman, damai, dan demokratis. Pertahanan lingkungan yang aman diakui sebagai faktor penting usai Pelaksanaan Pemilu 2024/Pesta Demokrasi dan selama dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang aman dan kondusif.

Kegiatan seperti ini direncanakan akan terus berlanjut dengan frekuensi yang meningkat Pasca Rekapitulasi Hitung Suara di KPU Kota Sibolga, sekaligus menjadi bentuk kesiapan Polres Sibolga dalam menjaga keutuhan NKRI dan Hak Konstitusional setiap Warga Negara untuk memilih Pemimpinnya secara bebas dan adil dan menjalankan puasa dengan nyaman.

(01/red)