IKASI Sumut Targetkan 2 Perunggu Dengan 6 Atlet, Pelatda Alami Masalah Sarana dan Prasarana

Hanya 6 Atlet, IKASI Sumut Targetkan 2 Perunggu

sentralberita | Medan~Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan dua perunggu pada pada PON Sumut-Aceh 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan M Fuazan selaku Kabid Binpres IKASI Sumut kepada wartawan saat konferensi pers di posko PON, kantor Dispora Sumut pada Selasa (23/5/2023).

“Awalnya kita menargetkan dua emas jika kita menurunkan 16 atlet dan mengikuti 8 nomor yang dipertandingkan. Namun yang akan diturunkan hanya 6 atlet sehingga target kita tak muluk-muluk hanya dua perunggu,” ujar Fauzan.

Tambah Fauzan, pada pelatda ini mereka mengalami masalah sarana dan prasarana. Dimana tempat berlatih di gedung Bowling, Jalan Pancing Medan kurang memadai.

“Lokasi latihan kurang memadai dan atlet sering kepanasan. Juga di lokasi tersebut ada dua cabor lain yang latihan. Kami meminta Dispora Sumut dan KONI Sumut untuk menyediakan sarana dan prasarana latihan yang baik bagi kami,” tambah Fauzan.

Nomor yang akan diikuti tim Sumut pada cabor IKASI yang akan dipertandingkan di Aceh tersebut yakni Floret putera perorangan, floret puteri perorangan, degen putra perorangan dan degen putera beregu.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga (PPO) Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Sumut Budi Syahputra mengatakan bahwa Dispora Sumut siap memfasilitasi segala keperluan cabor.

“Dengan target 4 besar di PON 2024 oleh Gubsu, Dispora, KONI Sumut dan Pengprov harus bekerjasama,” ujarnya.

Untuk itu, tambah Budi, Dispora Sumut selalu siap menerima segala laporan-laporan dari pengurus KONI Sumut dan Pengprov.

Sedangkan Hermansyur selaku Wasping mengatakan dalam waktu dekat akan dilakukan tes fisik untuk atlet. “Tes fisik dilakukan untuk menguji kemampuan atlet. Jika tidak memenuhi target atlet akan degradasi,” ujarnya.

Tambahnya, pada PON 2024 nanti Sumut bisa meraih target.

Menanggapi hal itu, Budi kepada wartawan seolah tak setuju. “Kami berharap tes fisik nanti jangan menjadi ajang degradasi bagi atlet,” harapnya.

Enam atlet anggar Sumut yang dipersiapkan ke PON yakni Friska Tri Sakila, Rafika, Fauzi Avichri, M.Habib Syahputra, Goenersya Haidar Rudhani dan Rifqy Ikhsanul Akmal dilatih duet pelatih Sunandar dan Rini Siska Yuniarni.(SB/01)