Lengkapi Penataan Kawasan Kesawan, Tahun Ini Pemko Medan Revitalisasi Gedung Warenhuis

Revitalisasi Gedung Warenhuis

sentralberita | Medan ~ Tahun ini Pemko Medan melaksanakan Revitalisasi Gedung Warenhuis yang termasuk dalam kawasan kota lama Kesawan. Nantinya, gedung bersejarah bekas super market pertama di Kota Medan ini akan menjadi pusat expo, terutama untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan anak-anak muda kreatif.

Demikian dikatakan Kadis Perumahan Permukiman Cipta Karya Penataan Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, kemarin di ruang kerjanya.

“Sesuai dengan amanah Wali Kota Medan Bobby Nasution, Gedung Warenhuis ini dijadikan pusat expo, diutamakan untuk  UMKM dan anak-anak muda kreatif serta dikombinasikan dengan aktivitas kuliner,” sebut Endar.

Untuk mendukung berbagai berbagai aktivitas tersebut, lanjut Endar, Pemko Medan juga telah mengadakan lahan di sebelah Gedung Warenhuis. Di lahan ini, sebutnya, akan dikembangkan aktivitas kuliner.  

Baca Juga :  Dipimpin KSAD, Apel Gelar Pasukan Tandai Dimulainya Gotong Royong Bersih Sungai Deli

“Kalau kita lihat sekarang di sebelahnya ada PT Terang Bulan Jaya. Dua dari empat persil miliknya sudah kita bayar,” ungkapnya.  

Ditanya soal waktu pelaksanan kegiatan, Endar mengatakan, tender Revitalisasi Gedung Warenhuis ini akan dimulai pada Februari ini juga. Disebutkannya, Pemko Medan menentukan pemenang yang profesional menangani ini.

“Ini pekerjaan seni dan juga harus ahli cagar budaya. Karena tidak boleh ada yang berubah di situ. Karena itu kita perhitungkan waktu kerjanya lebih dari satu tahun. Kita buat multiyears dan seingat saya anggarannya Rp32 miliar, murni dari APBD Kota Medan,” ungkapnya.

Di tengah persiapan tender Revitalisasi Gedung Warenhuis ini, saat ini tengah berlangsung pula penataan kawasan Kesawan oleh Kementerian PUPR. Penataan kawasan bangunan-bangunan bersejarah di Kota Medan ini merupakan upaya mengembalikan kawasan Kesawan sebagai kota lama atau cagar budaya.(01/red)

Baca Juga :  Al Amin Ajak Kepling Kota Medan Gunakan Politik Cerdas di Pilpres 2024