Nawal Terus Dorong Lahirnya Banyak Penulis Baru di Sumut

Nawal, saat membuka Workshop Literasi Penulisan Bagi Pemula di Hotel Karibia Boutique, Jalan Timor, Medan, Jumat (4/11).

sentralberita | Medan ~ Ketua Gerakan Pemasyarakatkan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara Nawal Lubis terus mendorong lahirnya banyak penulis di Sumut. Menurutnya, selain membaca, kegemaran menulis juga mesti ditingkatkan. Sehingga gagasan yang muncul setelah membaca bisa diaktualisasikan lewat tulisan.

Semakin banyak penulis yang menerbitkan buku, maka akan semakin banyak buku yang tersebar di daerah ini. “GPMB dan Pemerintah Provinsi Sumut akan terus mendorong masyarakat untuk menuangkan ide-idenya lewat tulisan,” kata Nawal, saat membuka Workshop Literasi Penulisan Bagi Pemula di Hotel Karibia Boutique, Jalan Timor, Medan, Jumat (4/11).

Menurut Nawal, penulis merupakan profesi yang mulia. Sebab, penulis menuangkan ilmu yang didapatnya ke dalam tulisan untuk dibaca orang banyak. “Saya harap, para peserta workshop dapat menerapkan ilmu yang didapatnya, jika punya ide, gagasan yang mau dituangkan jangan takut menulis,” ujarnya.

Selain itu, Nawal juga mengungkapkan, dirinya sangat senang membaca buku sejak kecil. “Saya senang membaca. Dari kecil saya suka sekali membaca. Kalau punya duit, saya tidak kemana-mana. Saya pasti ke toko buku,” kata Nawal.

Menurut Nawal, orang yang membaca pastilah ilmunya lebih baik ketimbang yang tidak gemar membaca. “Kita tahu membaca adalah jendela dunia, bahkan dalam Agama Islam, perintah pertama Allah adalah Iqra, yang artinya membaca,” kata Nawal.(01/red)