Ijeck Terima Ulos dan Balehat Raja

Seperangkat ulos diserahkan sebagai ungkapan terima kasih, rasa hormat dan cinta dari PPSD Siahaan Dohot Boruna Kota Medan kepada Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah

sentralberita | Medan ~ Ketua Umum Parsadaan Pomparan Somba Debata (PPSD) Siahaan Dohot Boruna Kota Medan Kombes Pol (P) Maruli Siahaan beserta seluruh pengurus membalutkan seperangkat ulos hokhop ke pinggang Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah di Rumah Dinas Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, Jumat (4/11).

Seperangkat ulos ini diserahkan sebagai ungkapan terima kasih, rasa hormat dan cinta dari PPSD Siahaan Dohot Boruna Kota Medan kepada Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah atas kepeduliannya memberikan satu unit ambulance. “Seperangkat ulos ini kami berikan sebagai bentuk ucapan terima kasih, rasa hormat dan cinta kasih kami kepada Bapak Wagub,” kata Maruli didampingi Wakil Ketua St Djaindar Siahaan dan Sadar Siahaan, Sekum Karlos Siahaan, Penasehat Wesli Siahaan dan lainnya.

Baca Juga :  Jokowi, Edy Rahmayadi, Adi Hidayat dan Ribuan Masyarakat Hadiri Haul H Anif, Musa Rajekshah: Semoga Kisah Almarhum Tetap Jadi Inspirasi

Ulos Hokhop menjadi ulos pertama yang diserahkan dan dibalutkan langsung di pinggang Ijeck, kemudian dilanjutkan dengan Ulos Hande ke bahu sebelah kanan dan Tappe Bulang yang dililitkan ke kepala. Tak hanya itu, Ijeck juga menerima Tungkot Balehat Raja, sebagai simbol kepemimpinan.

“Pakaian ini lengkap dengan tongkat, biasanya dipakai seorang raja atau pemimpin. Asa di jolo gabe si aduon, di pudi sipaimaon, di tonga-tonga harungguan artinya di depan selalu jadi panutan, di belakang selalu ditunggu kehadirannya dan menjadi pemimpin di tengah-tengah bius atau masyarakat di Sumatera Utara dan itu yang kami lihat di Bapak Wagub,” katanya.

Ambulance yang diberikan Musa Rajekshah melalui Yayasan Haji Anif ini, lanjut Maruli, akan dimanfaatkan oleh 5.000 KK yang tergabung dalam PPSD Siahaan Kota Medan. “Marga Siahaan di Kota Medan ini atau anggota kita sudah mencapai 5.000 KK, semoga ambulance ini bermanfaat dan bisa mendorong semua anggota untuk terus semangat dalam menjaga kebersamaan dan ikut memajukan Sumatera Utara,” ujarnya.(01/red)

Baca Juga :  Kawal Pemilu 2024 Aman, Kapolrestabes Medan Ikuti Simulasi Pengamanan Kota di KPU Sumut