Cegah Karhutla, Personil Polsek Balige Dan Bhabinkamtibmas Rutin Berikan Sosialisasi Dan Himbauan

Personil Polsek Balige dan Bhabinkamtibmas melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla.(f-ist)

sentralberita | Balige ~ Menjelang datangnya musim kemarau dalam antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Personil Polsek Balige dan Bhabinkamtibmas melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayahnya, bertempat di Perladangan Bapak Siagian/ Br Saing di Desa Sianipar Sihail hail Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Senin (22/08/2022) sekira pukul 08.30 Wib

Sosialisasi di laksanakan oleh Kanit SPKT Polsek Balige Aiptu H S.P Situmorang, Banit Reskrim Polsek Balige Aipda Rukiat Aritonang, Ps.Kanit Binmas Polsek Balige Bripka Javar Tampubolon,S.H, Bhabinkamtibmas Polsek Balige Bripka Lindung Nadeak kepada warga Desa Sianipar Sihail hail Kecamatan Balige Kabupaten Toba, dalam antisipasi datangnya musim kemarau.

Dalam sosialisasi ini Personil Polsek Balige bersama Bhabinkamtibmas menempelkan Himbauan berupa Spanduk tentang Larangan dan Stop Membakar Hutan dan Lahan serta Melakukan Sosialisasi tentang kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla).

Personil Polsek Balige dan masyarakat Desa Sianipar Sihail hail menempel Spanduk Himbauan tentang larangan dan stop membakar hutan, lahan dan semak belukar.

Kemudian pesonil Polsek Balige memberikan himbauan dan larangan tersebut ditempelkan di tempat tempat umum seperti warung – warung dan tempat ibadah yang dapat dibaca oleh masyarakat umum.

Dalam kesempatan itu Personil Polsek Balige juga menyampaikan kepada pemilik warung dan masyarakat untuk bersama sama menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan yang ada di Wilayah Hukum Polsek Balige, yang mana merupakan destinasi wisata yang saat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya dan jangan sampai masyarakat sendiri yang merusak keindahan alam yang ada.

Kegiatan Sosialisasi kepada masyarakat yang memiliki lahan pertanian berbatasan dengan hutan untuk tidak melakukan pembakaran di lahan pertanian dengan tujuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan serta dalam melakukan pertanian agar menerapkan cara – cara yang ramah lingkungan, tidak lagi melakukan pertanian dengan cara membakar karena dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan, ini sering terjadi di wilayah Kecamatan Balige saat musim kemarau, karena cuaca yang panas, persediaan berkurang sehingga kobaran api susah untuk di kendalikan.

Personil Polsek Balige mengajak masyarakat untuk bekerja sama menjaga agar tidak ada titik api di wilayah masing – masing.

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb S.H.,S.I.K. melalui Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian menuturkan bahwa melalui kegiatan sambang dan sosialisasi yang di lakukan rutin oleh anggotanya merupakan salah satu upaya Kepolisian khususnya Polsek Balige untuk mencegah bencana kebakaran hutan maupun lahan sejak dini di wilayahnya.

Agus Salim Siagian menyampaikan Sosialisasi karhutla di lakukan mengantispasi datangnya musim kemarau agar para petani dan pekebun yang ada di Kabupaten Toba khususnya di Kecamatan Balige tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan yang di kawatirkan dapat mengakibatkan terjadinya bencana kebakaran dan kerusakan lingkungan.

Kemudian lanjutnya, melakukan pembakaran hutan adalah perbuatan yang melanggar hukum, masyarakat di minta bijak dalam menyikapi permasalahan karhutla yang terjadi pada setiap tahunnya. Karhutla bisa di cegah dan di hentikan atas kesadaran masyarakat yang tidak lagi melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, Masyarakat Desa Sianipar Sihail hail mengucapkan terima kasih kepada petugas yang sudah mengingatkan warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan Hutan sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (01/red)