PPK/PPS Medan Labuhan Sosialisasikan DPTb dan DPK di Rusunawa dan Pesantren

PPK/PPS Medan Labuhan Sosialisasikan DPTb dan DPK di Rusunawa dan Pesantren

sentralberita|Medan~Memasuki penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan tahap kedua dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) pada 6 Januari hingga 15 Maret mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan beserta jajaran penyelengara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terus giat melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Hari ini masuk tahap ke 2 penyusunan DPK ditingkat PPS, PPK dan KPU Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk DPK 1 sudah kita laporkan ke KPU Provinsi pada 26 Desember lalu bersama DPTb,” kata Komisioner Divisi Program, Data dan Informasi KPU Kota Medan, Nana Miranti, di Medan, Minggu (6/1).

Guna memaksimalkan penyebaran informasi ke seluruh masyarakat yang ada di Kota Medan terkait pendataan DPK 2 maupun DPTb, KPU Kota Medan bersama jajaran PPK dan PPS giat melakukan sosialisasi door to door (pintu ke pintu) langsung ke tengah-tengah masyarakat. Karena ada sedikit perbedaan mengenai waktu untuk penyusunan DPK dan DPTb ini dari pemilu sebelumnya.

“Untuk DPK ini masyarakat taunya seperti di Pilgubsu lalu pendaftaran dilakukan pada hari pemungutan suara, sedangkan untuk Pemilu 2019 sudah dilakukan sejak sekarang. Begitu juga dengan DPTb, seperti di Pilgubsu lalu bisa diurus 3 hari jelang hari H, sedangkan di Pemilu 2019 ini waktu terakhir pengurusannya secara nasional satu bulan sebelum pencoblosan (28 Agustus 2018 – 18 Maret 2019),” ungkap Nana.

Untuk diketahui, DPK adalah pemilih yang memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan DPTb, sedangkan DPTb adalah pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT di suatu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang karena keadaan tertentu pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan memberikan suaranya di TPS lain.

Ketua PPK Kecamatan Medan Labuhan, Dedi Erwanto mengatakan, sosialisasi dengan mendatangi masyarakat langsung telah dilakukan di Kecamatan Medan Labuhan sejak Sabtu lalu di beberapa titik yang ada di wilayah kerjanya. Seperti di Rusunawa Seruwai, di Pondok Tasawuf Babur Ridho Simpang Kantor, Kelurahan Martubung, Rumah kos-kosan di pinggir KIM Kelurahan Tangkahan.

“Kita akan terus turun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi bersama PPS dan Panwascam. Karena dari kegiatan sosialisasi tersebut banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi ini dan merespon positif kegiatan yang kami lakukan,” ujar Dedi.

Namun Dedi juga menyayangkan masih ada di beberapa lokasi pihaknya tidak diizinkan untuk masuk melakukan sosialisasi secara langsung. Padahal di lokasi tersebut diketahui ada banyak warga yang terdaftar dari luar Medan. “Jadi kami hanya bisa menempelkan pengumuman di tembok,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU Kota Medan telah mendata 44 pemilih DPTb dan 613 DPK yang tersebar dibeberapa kecamatan di Kota Medan. (sb/01)

3 thoughts on “PPK/PPS Medan Labuhan Sosialisasikan DPTb dan DPK di Rusunawa dan Pesantren

  • Oktober 9, 2023 pada 10:43 pm
    Permalink

    647263 74120Good post. I learn something more challenging on different blogs everyday. It will always be stimulating to read content from other writers and practice a little something from their store. Id prefer to use some with the content material on my weblog whether you dont mind. Natually Ill give you a link on your web weblog. Thanks for sharing. 830781

  • November 28, 2023 pada 6:04 pm
    Permalink

    201219 450127I adore your wp internet template, wherever would you obtain it via? 465244

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *