Baznas Madina Bagikan 240 Paket Daging Qurban dan 100 Bingkisan Sembako

sentralberita | Madina – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyalurkan 240 paket daging kurban dan 100 paket sembako kepada masyarakat membutuhkan. Penyaluran paket secara simbolis dilakukan di pelataran Masjid Agung Nur Alan Nur Aek Godang, Senin (17/6/2024).

Ketua Baznas Madina Amir Mahmud Lubis mengatakan paket daging itu merupakan bantuan dari Baznas RI untuk disalurkan Baznas Madina. “Alhamdulillah, kami dapat dua ekor lembu dari Baznas RI untuk dikurbankan tahun ini,” katanya.

Amir menerangkan, dalam kegiatan yang bertema ‘berkah Idul Adha’ tersebut tidak semua Baznas daerah menerima lembu kurban dari Baznas RI. Ada kriteria tertentu berdasarkan kinerja masing-masing Baznas untuk mendapatkan hewan kurban tersebut.

Dia menjelaskan, dari dua lembu yang diperoleh Baznas Madina satu diserahkan ke panitia kurban di Desa Parbangunan sementara satu lagi dibagikan di Masjid Agung. “Setiap lembu kami hitung dapat 120 paket daging. Jadi, keduanya diperkirakan 240 paket daging,” ujarnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Lantik Wakil Ketua III Baznas Sumut

Untuk paket sembako, jelas Amir, terdiri dari lima kilogram beras, satu liter minyak goreng, dan satu papan telur ayam. “Ini merupakan inisiatif kami bersama di Baznas Madina untuk menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan atau kaum dhuafa,” terangnya.

Ketua Baznas berharap, kinerja pegawai lembaga pengumpul zakat dan sedekah itu terus meningkat sehingga pada tahun-tahun mendatang tetap bisa berkurban. “Harapannya nanti bukan cuma dari Baznas RI, tapi juga dari Baznas Madina,” sebutnya.

Untuk masyarakat yang menerima paket sembako, Amir berharap bantuan tersebut bermanfaat. “Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat meringankan beban kaum dhuafa yang menerima,” tutupnya.

Sujiman, warga Kelurahan Kotasiantar yang turut menerima bantuan mengaku senang dengan paket yang dibagikan oleh Baznas Madina itu. “Sudah puluhan tahun baru kali ini saya dapat bantuan seperti ini,” katanya.

Baca Juga :  Ketua Pewarta Berikan Santunan Duka dan Sembako kepada Isteri almarhum Ketua Ranting PP Sukaramai II

Untuk itu, dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas RI dan Bahasa Madina. “Terima kasih kepada Baznas karena telah memberikan bantuan paket sembako dan daging kurban ini,” tuturnya.

Senada dengan itu, Khollad, penerima paket berdomisili di Dalan Lidang, menyampaikan rasa terima kasih. “Bantuan sembako ini sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga,” ujarnya.

Pantauan di pelataran Masjid Agung Nur Alan Nur, sekitar pukul 09.30 WIB sejumlah pekerja terlihat mulai memotong daging lembu kurban Baznas. Pembagian paket daging dan sembako mulai dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB.

Terlihat hadir Wakil Ketua Baznas Muhammad Syafei Lubis, Kabag Kesra pada Setdakab Madina Baharuddin Juliadi, dan sejumlah pegawai Baznas Madina. (FS)