Kloter 18 Embarkasi Medan Dilepas Penuh Lambaian Tangan, Pj Gubsu: Hilangkan Semua Ego Pribadi

 

sentralberita Medan`Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Pemprovsu Drs Basyarin Yunus Tanjung, MSi bersama Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi Nasution melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji Kelompok Terbang 18 yang berasal dari Kota Medan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Mandailing Natal.

Jemaah calhaj Kloter 18 ini sebanyak 360 jamaah berasal dari Kota Medan sebanyak 224 orang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) 109 orang, Kabupaten Dairi 18 orang, Mandaing nata1 1 orang ditambah petugas haji 8 orang.

Dalam sambutannya Pj Gubernur Sumut mengingatkan, agar seluruh jamaah calon haji Kloter 18 fokus menjalankan ibadah haji secara khusyuk, menjaga kesehatan dan bukan diniatkan pada lainnya.

“Kami berharap seluruh jamaah calon haji Kloter 18 niatkan perjalanan haji ini untuk ibadah bukan ada hal lain, hilangkan semua ego pribadi, kelompok dan jabatan, serta patuh dan mengikuti aturan yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi, agar tidak terjadi hal-hal yang menganggu khusyukan ibadah, jaga kesehatan dan banyaklah termohon ampun kepada Allah SWT,”ujar Pj Gubernur Sumut yang di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Pemprovsu Drs Basyarin Yunus Tanjung, MSi saat melepas Kloter 18, Sabtu (1/6/2024) di Aula Asrama Haji Medan.

Disamping itu diingatkan khusus petugas haji agar betul-betul memperhatikan seluruh jamaah dan membantu jika mereka (jamaah calon haji) mendapatkan kesulitan saat berada di tanah suci, khususnya para jamaah lanjut usia (lansia).

“Khusus kepada para petugas haji baik dari Pemprov Sumut maupun Kabupaten dan Kota, agar betul-betul memperhatikan jamaah, bantu mereka jika mendapatkan kesulitan, terkhusus untuk jamaah lansia, kami berpesan sekaligus menitipkan mereka (lansia) agar diperhatikan secara sungguh-sungguh dan bantu jika mereka ada kesulitan,”sambung Pj seperti di sampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesos.

Sementara Bupati Tapteng diwakili Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejatreaan Rakyat, Erman Syahrin Lubis, MAP menyampaikan, dalam rukun Islam meruapakan kewajiban umat Islam bagi yang mampu dan mengucapkan selamat jalan kloter 18, semoga pelaksanaan ibadah haji di tanah suci diberikan Allah SWT kekuatan dan kesehatan, keberkahan, kenikmatan, kebahagiaan tanpa ada kekurangan satu apa pun dan kami doakan juga sekembalinya demikian.

“Doakan kami yang tinggal ini sehat-sehat semoga dapat mengembankan amanah dalam pekerjaan sehat-hari. Sebagai tamu Allah yang melaksanakan rangkaian ibadah haji agar melaksanakan sebaik-baiknya, lancar, aman, sukses dan jangan meikirkankan yang ditinggalkan supaya fokus dan diharapkan kompak, jangan ada ego dan pertengkaran yang bisa membuat terganggu. Semua status sama tidak ada yang berbeda.

Tepat pukul 14.00 WIB, sebanyak 360 orang jamaah calon haji Kloter 18 di berangkatkan menuju Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang. selanjutnya terbang menuju Kota Makkah Al-Mukarramah dengan diiringi lantunan suara azan lewat pengeras suara Masjid Namiroh Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan.

Terlihat suasana haru bercampur bahagia tampak jelas di raut wajah jamaah yang segera berangkat meninggalkan tanah air, dan keluarga jamaah yang melepas dengan untaian doa, harapan dan lambaian tangan.

“Selamat jalan tamu Allah Dhuyufurrahman, Insya Allah kembali menjadi haji dan hajjah yang mabrur,”tegas salah seorang keluarga jamaah saat melepas keluarganya yang menunaikan rukun Islam ke lima dengan linangan airmata bahagia dan haru.(SB/01)