Jadi Inspektur Upacara Harlah Pancasila 2024,Kapolres Madina : Jadikan Pancasila Landasan Prilaku Bermasyarakat

sentralberita | Madina ~ Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Arie Sofandi Paloh SH SIK bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Hari Kelahiran (Harlah) Pancasila Tahun 2024.

Upacara dilaksanakan di lapangan Masjid Agung Nur Alannur, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Sabtu (1/6/2024).

Turut hadir Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Alamulhaq Daulay, para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selanjutnya dihadiri Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Madina ataupun mewakili dari Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Kodim 0212/Tapanuli Selatan.

Kapolsek Panyabungan AKP Syarifuddin Nasution bertindak sebagai Perwira Upacara. Kaurbin Ops Satuan Reserse Kriminal Ipda Bagus Seto sebagai Komandan Upacara.

Sementara peserta upacara diikuti oleh Barisan Kompi B Yonif 123/RW, Satpol-PP, Korpri dan siswa-siswi dari sejumlah SLTA di Madina.

Kapolres Madina mengatakan, Upacara Harlah Pancasila rutin dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 1 Juni.

Menurutnya, Hari Lahir Pancasila merupakan momentum untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa, generasi muda, Gen Z harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berprilaku dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Arie menyebut, generasi muda sangat dibutuhkan dalam membangun negeri menjadi lebih maju. Generasi muda juga harus mampu bersaing pada tantangan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” ucap Kapolres Madina mengutip dari pidato Harlah Pancasila 2024 dari BPIP.( FS)