Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Akan Selenggarakan Seleksi Rekrutmen Tim Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah Ta.2024

sentralberita|Jakarta~Dalam rangka mendukung implementasi kegiatan Pengembangan Keprofessian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia akan melaksanakan proses seleksi Tim Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK (Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan) Madrasahyang meliputi jenjang RA, MI, MTs, dan MA/MAK.

Demikian disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Thobib Al-Asyhar sebagimana tartuang dalam surat Nomor: B-180/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/05/2024 31Mei 2024, prihal Rekrutmen Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah teratanggal 31 Mei 2024 tentang Rekrutmen dan Persyaratan Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah tahun 2024.

Terkait hal tersebut dimohon kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi (PCU), Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota (DCU), PUSDIKLAT Teknis Keagamaan Kemenag RI, BALAIDIKLAT Keagamaan Provinsi dan Rektor/Ketua Perguruan Tinggi untuk mensosialisasikan kepada guru, pengawas madrasah, akademisi perguruan tinggi di wilayah masing-masing .

Bersama ini disampaikan pedoman pendaftaran dan persyaratan calon Penulis dan Reviewer Penulis Instrumen AKGTK meliputi:
No Jenjang Mata Pelajaran
1 Raudlatul Athfal (RA) Guru Raudlatul Athfal (RA)
2 Madrasah Ibtidaiyah
(MI)
1. Fikih
2. Quran Hadist
3. Sejarah Kebudayaan Islam(SKI)
4. Akidah Akhlak
5. Bahasa Arab
6. Pend. Jasmani Olahraga & Kesehatan(PJOK))7. Bahasa Inggris
8. Seni Budaya dan Prakarya
3 Madrasah Tsanawiyah

(MTs)

1. Fikih
2. Quran Hadist
3. Sejarah Kebudayaan Islam(SKI)
4. Akidah Akhlak
5. Bahasa Arab

Madrasah Aliyah (MA)

1. Fikih
2. Quran Hadist
3. Sejarah Kebudayaan Islam(SKI)
4. Akidah Akhlak
5. Bahasa Arab
6. Pend. Kewarganegaraan (PKN)
7. Geografi
8. Sosiologi
9. Sejarah
10.Prakarya dan Kewirausaahan
11.Informatika / TIK
12.Bahasa Jepang
13.Bahasa Jerman
14.Bahasa Mandarin
15.Bahasa Perancis
16.Bahasa Korea
17.Pend. Jasmani Olahraga & Kesehatan(PJOK)
18.Antropologi
19.Keterampilan / MA Plus Keterampilan20.Kejuruan / MAK
20.Kejuruan / MAK

Seni Budaya dan Prakarya
21.Seni Musik
22.Seni Tari
23.Seni Rupa
24.Seni Teater
25.Prakarya

Ketentuan Umum

Tahun 2024, Kementerian Agama RI, melalui Direktorat Jenderal PendidikanIslamtelahmenindaklanjuti kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) denganbeberapa kegiatan penguatan yaitu penyusunan penyusunan modul pelatihangurudantenaga kependidikan, pengembangan silabus modul PKB Guru dan Tendik Madrasah, pengembangan e-learning modul PKB guru dan tenaga kependidikan madrasah, danpengembangan instrument Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan(AKGTK) madrasah. Penyelenggaraan rekrutmen penulis dan reviewer istrumen Asesmen Kompetensi Gurudan Tenaga Kependidikan Madrasah didasarkan atas perencanaan kebutuhanprogramtersebut,

selanjutnya memerlukan penulis yang memiliki pola pikir berkembang(growthmindset), memiliki ide kreatif, menguasai Kurikulum Merdeka, berkomitmenuntukberperan aktif dan berkolaborasi, dan berpengalaman dengan ketentuan sebagai berikut:Adapun kriteria umum peserta seleksi penulis dan reviewer adalah sebagai berikut:

Adapun kriteria umum peserta seleksi penulis dan reviewer adalah sebagai berikut:

1. Kualifikasi Pendidikan minimal S1 untuk penulis dibuktikan dengan salinanijazahterakhir dari perguruan tinggi.
2. Kualifikasi Pendidikan minimal S2 untuk reviewer dibuktikan dengan salinanijazahterakhir dari perguruan tinggi.
3. Pendaftar dari unsur Guru memiliki sertifikat pendidik.
4. Masa tugas menjadi guru/kepala madrasah/pengawas madrasah/widyaiswara/ dosen(negeri atau swasta) minimal 5 tahun.
5. Berlatar belakang pendidikan sesuai dengan Mapel pada jenjang pendidikanyangdibuktikan dengan salinan Ijazah yang linier sesuai dengan regulasi yangberlaku.
6. Diutamakan memiliki pengalaman sebagai penulis/reviewer/pengembangsoal/instrumen asesmen tingkat Nasional/Provinsi/Kabupaten/Kota.
7. Diutamakan menguasai Kurikulum Merdeka yang dibuktikan dengan sertifikat kegiatanwebinar/pelatihan/seminar.
8. Mendapatkan rekomendasi dari atasan langsung yang dibuktikandenganrekomendasi atasan.
9. Memiliki kemampuan/familier bekerja dengan perangkat teknologi, informasi dankomunikasi (TIK).
10.Mengikuti seleksi administrasi dan seleksi akademik yang diselenggarakanolehDirektorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian AgamaRI.
11.Memiliki kompetensi yang diperlukan, meliputi: kecakapan tata tulis BahasaIndonesiadan atau Bahasa Inggris yang baik, kecakapan bekerja secara daring/online, sertakomitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan bekerjasamaserta berkomunikasi efektif dengan tim.

Ketentuan khusus

Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah
1. Guru, Kepala Madrasah/Sekolah, Pengawas, Widyaiswara Pusdiklat/Balai DiklatKementerian Agama/PPPPTK Kemendikbud dan Dosen pada perguruantinggi.
2. Pendaftar dari unsur Guru memiliki kualifikasi pendidikan sesuai denganjenjangdanmata pelajaran yang dipilih.
3. Diutamakan yang memiliki pengalaman mengembangkan instrumenasesmen(AKMI/AKGTK) dibuktikan dengan surat keterangan dan hasil pengembanganinstrumen.
4. Memiliki pengalaman mengembangkan konten pembelajaran dan Modul PKBGurudan Tenaga Kependidikan Madrasah baik modul Tatap muka maupunmodul on- linedibuktikan dengan menyertakan link tautan hasil karya.
5. Diutamakan memiliki pengalaman mereview Istrumen AKGTK/AKMI bagi reviewer. 6. Mengikuti ujian CBT sesuai         dengan jadwal yang sudah ditentukanbagi yangdinyatakan lulus administrasi.
6. Mengikuti ujian CBT sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukanbagi yangdinyatakan lulus administrasi.

Alur Pendaftaran

1. Setiap calon penulis dan reviewer mendaftar secara mandiri danmenyertakanrekomendasi dari atasan langsung sesuai     persyaratan yang ditetapkan,

2. Rekrutmen dilakukan secara online melalui laman:
https://madrasahreform.kemenag.go.id/instrumenakgtk/
3. Keputusan hasil rekrutmen tidak dapat diganggu gugat dan mutlakmenjadikewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian AgamaRI. E.

Tahapan Seleksi
Tahap-tahap seleksi melalui proses sebagai berikut:

1 Pengumuman 3 Juni 2024
2 Pendaftaran secara Online (upload) persyaratan administrasi melalui: https://madrasahreform.kemenag.go.id/instrumenakgtk/ 3 – 12Juni 20243
3 Seleksi: 1. Administrasi dan Akademik 13-25 Juni 2024
4 Pengumuman hasil seleksi 1: 2 Juli 2024
5 Seleksi 2. Tes tertulis (CBT)- Uji Coba / Try out 4 Juli 2024- Pelaksanaan tes 5 Juli 2024, Pleno Hasil Seleksi 8-12 Juli 20247 Pengumuman Hasil Seleksi 16 Juli 2024. (SB/01)