Ketua Bawaslu Sumut Aswin Hadiri Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Sumut

sentralberita|Medan~Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara menggelar Rapat Pleno Terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara dalam Pemilihan Umum (Pemilu)Serentak T ahun 2024. Bertempat, di Aula Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara, Selasa (28/5/2024).

Turut hadir Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara M. Aswin Diapari Lubis, Kordiv SDMO Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Romson Poskoro Purba, serta para Pimpinan partai politik Provinsi Sumatera Utara.

Rapat tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara Agus Arifn. Mengawali sambutannya, Arifin menyampaikan bahwa rapat ini di hadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara secara langsung, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2024 Tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, Dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum.

“Setelah menerima registrasi perkara perselisihan hasil Pemilu, berdasarkan pasal 17 ayat 1 A, tiga hari setelah mendapatkan pemberitahuan maka KPU Provinsi maupun kabupaten/kota melaksanakan penetapan calon terpilih yang di dahului dengan penghitungan dan penetapan perolehan kursi anggota DPRD Sulawesi Tengah.” Tutur Arifin.

Selanjutnya, Arifin membacakan Berita Acara Penetepan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara perolehan suara dan calon terpilih Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara. Setelahnya, pembacaan Surat Keputusan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dan Penyampaian Salinan Surat Keputusan calon terpilih Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Rapat pleno tampak berjalan dengan lancar, dan ditandai dengan adanya sanggahan pada pembacaan Berita Acara mengenai perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Sumatera Utara pada Pemilu 2024 yang dibacakan oleh Agus Arifin.(SB/01)