Sejumlah Fraksi di DPRD SU Dukung PWI Sumut Ikuti Porwanas Banjarmasin, Minta Pemprovsu Akomodir Anggarannya di-PAPBD 202

sentralberita|Medan~Sejumlah fraksi di DPRD Sumatera Utara mendukung program PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumut, diantaranya mengikuti Porwanas (Pekan olahraga wartawan nasional) XIII akan digelar di Banjarmasin Kalimantan Selatan, Agustus mendatang.

Sebelumnya Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), melalui bendaharanya yang juga anggata Banggar (Badan anggaran) DPRD Sumut Hendro Susanto memberi dukungan terhadap PWI Sumut, dalam event Porwanas XIII, karena Porwanas merupakan ajang bergengsi bagi wartawan di tingkat nasional.

Kini dukungan yang sama juga dinyatakan Ketua Fraksi Nusantara DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga dan Ketua Fraksi Partai Demokrat Tondi Roni Tua kepada Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE secara terpisah, saat membahas masalah PWI butuh dukungan legislatif terkait anggaran program kegiatan PWI Sumut.

Menurut Legislator dari PKB ini, sudah seharusnya Pemprovsu meningkatkan anggaran program aktivitas untuk PWI Sumut tiap tahun di APBD Sumut, karena pemerintah berkepentingan dengan organisasi yang berhubungan dengan banyak orang.

“PWI itu organisasi wartawan, bisa sebagai perpanjangan tangan pemerintah ke masyarakat, melalui media massa menyampaikan segala bentuk informasi,” ungkap Zeira menjelaskan alasannya mendukung anggaran untuk Porwanas PWI Sumut.

Karena itu, tambahnya lagi, pihaknya dari DPRD Sumut mendukung sepenuhnya program PWI Sumut akan mengikuti Porwanas mendatang dan tentunya akan kita kawal anggaran untuk Porwanas XIII pada pembahasan anggaran bersama TAPD Pemprov, agar anggaran Porwanas diakomodir pada Perubahan APBD 2024. “Insha Allah akan kita perjuangkan, agar PWI Sumut bersama tim Porwanasnya bisa bertarung dikancah nasional,” harapnya.

Demikian halnya Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut Tondi Roni Tua
memberi dukungan secara penuh terhadap program-program PWI Sumut akan mengikuti Porwanas XIII yang akan berlangsung di Banjarmasin Kalimantan Selatan, Agustus 2024.

“Kami Fraksi Demokrat berupaya memperjuangkan anggaran untuk PWI Sumut, sehingga bisa melaksanakan Porwanas di Banjarmasin, tentu di Perubahan APBD 2024 juga kita berupaya memperjuangkannya, agar anggaran untuk Porwanas bisa diakomodir masuk di P-APBD 2024, sehingga PWI Sumut bisa tampil jadi pemenang dikancah Porwanas XIII membanggakan kita dan Sumatera Utara,” tegasnya.

Farianda Putra Sinik berharap DPRD Sumut dan Pemprovsu mendukung anggaran Porwanas PWI Sumut sepenuhnya, agar Sumut tidak absen mengirim para atletnya dalam pelaksanaan Porwanas XIII.

“Alhamdulillah, saat bertemu dengan anggota Banggar DPRD Sumut dari FPKS, Ketua Fraksi Nusantara dan Ketua Fraksi Demokrat, ada harapan besar dari sikap dukungan yang meringankan beban fikiran saya dalam upaya mengirim tim Porwanas PWI Sumut ke Banjarmasin,” ujar Ketua SPS Sumut ini.

Dukungan Tim Porwanas XIII PWI Sumut ini, lanjut Farianda, pihaknya apresiasi sikap mas Hendro Susanto, bung Zeira dan bung Tondi mengerti dan paham keinginan PWI Sumut akan memperjuangan apa yang kita harapkan untuk tim Porwanas XIII, karena pembahasan anggaran yang akan diajukan PWI Sumut sekira Rp1,2 milyar diharapkan bisa ditampung di P-APBD 2024.

Karena, tambah Farianda, tim Porwanas Sumut yang akan diberangkatkan mencapai 60 orang, termasuk pelatih dan pendamping, akan mengikuti 9 cabor, diantaranya Futsal, Biliar, Atletik, Bridge, Catur, Tenis Meja dan Domino. Kemudian cabor non medali yakni lomba karya jurnalistik, fotografi, Tenis meja IKWI, dan Lomba Karaoke.(SB/01//Ril)