Pimpin Upacara Hardiknas 2024,Camat Hutabargot : Tingkatkan Prestasi Dengan ‘Gerakan Merdeka Belajar’

sentralberita | Hutabargot ~  Camat Hutabargot kabupaten Mandailing Natal Setyaning Maryani S.STP memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas) tahun 2024,Kamis (2/5/2024).

Peringatan Hardiknas yang digelar di halaman kantor Camat tersebut diikuti siswa – siswi mulai tingkat SD, SMP dan SLTA,para staf dan jajaran kantor Camat Hutabargot, Perwakilan Puskesmas,Penyuluh pertanian, KUA serta para Kades di 14 Desa se kecamatan Hutabargot.

Camat Setyaning Maryani dalam sambutannya dihadapan para siswa dan para peserta upacara mengharapkan agar ke depan kurikulum Gerakan Merdeka Belajar yang digagas Mendiknas RI Nabiel Makarim dapat secepatnya diimplementasikan, sehingga dapat melahirkan pelajar yang cerdas dan berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut juga pihak panitia upacara menghadirkan Zulfajri Husaini siswa kelas VI SDN 121 Desa Hutabargot Nauli, peraih juara Pildacil tingkat kabupaten belum lama ini.

” Sengaja anak kita ini ( Zulfajri) kita hadirkan untuk memberikan motivasi bagi siswa lainnya agar dapat berlomba – lomba mengejar prestasi”, ujar Setyaning.

Dalam amanat Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim yang dibacakan Camat Setyaning Maryani menyampaikan bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar.

“Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran,” kata Setyaning.

Setyaning mengatakan pada awal perjalanan membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kata Alamulhaq, dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis.

Pada saat yang sama, lanjutnya, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong dan berjuang bersama untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

“Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” kata Setyaning.

Camat Setyaning mengatakan lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” imbuhnya.( FS)