Pemkab Simalungun Selenggarakan Lomba Foto Kreatif Pendamping PKH

sentralberita | Simalungun ~ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Sosial menyelenggarakan lomba foto kreatif bagi para Pendamping Keluarga Harapan (PKH).

Objek pengambilan foto menunjukkan adanya interaksi langsung dan kedekatan para PKH dengan kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Nagori (desa) binaan PKH masing-masing.

Lomba foto kreatif ini berlangsung di Balei Harungguan Djabanten Damanik Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, dan secara langsung dihadiri oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Selasa (30/1/2024).

Dalam sambutannya Bupati Simalungun menyampaikan bahwa, lomba ini untuk memacu kinerja para PKdH dalam melaksanakan tugasnya di masyarakat.

Selanjutnya Bupati menyampaikan sebagai upaya peningkatan SDM melalui keterampilan dan pengalaman para PKH di bawah Kemensos RI dan Dinas Sosial Kabupaten Simalungun, Pemkab Simalungun memberikan tali asih sebesar Rp. 500 ribu per bulan sebagai bentuk apresiasi kepada PKH.

“Ini bentuk komitmen dari Pemkab Simalungun untuk menunjang kesejahteraan masyarakat kita. Dan hanya dengan kebersamaan kita lah yang bisa mengubah wajah Simalungun,”kata Bupati.

Bupati berharap, kegiatan ini dapat terus berkelanjutan dan kedepannya akan dilihat langsung kegiatan PKH di lapangan. “Dan secara acak bagi PKH yang aktif akan kita berikan perhatian khusus,”kata Bupati.

Sebelumnya, Plt Kadis Sosial Osnidar Marpaung dalam laporannya menyampaikan, lomba foto kreatif ini diikuti seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) PKH se-Kabupaten Simalungun.

Adapun tujuan lomba untuk meningkatkan kualitas generasi muda atau kaum melineal sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun

Selain itu, juga untuk meningkatkan silaturrahmi antara SDM PKH dengan KPM sehingga mempermudah dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan dapat segera diselesaikan.

“Untuk penilaian lomba foto kreatif ini, dilaksanakan selama satu bulan dan kami mengunakan sistem juri potluck dari keluarga besar dinas sosial,”ujar Osnidar.

Sebagai juara I lomba Foto Kreatif Pendamping PKH adalah Henni Viona Damanik PKH Kecamatan Sidamanik, juara 2 yaitu Rezky Ando Sitopu PKH Kecamatan Raya dan juara 3 adalah Azwar Anas PKH Kecamatan Tanah Jawa.

Berikut juara harapan 1 adalah Irfan Pasaribu PKH Kecamatan Huta Bayuraja, juara harapan 2 yaitu Reni Simanjuntak PKH Kecamatan Bosar Maligas, dan juara harapan 3 yaitu Melvina Masita PKH Kecamatan Gunung Melena.

Bagi para juara di berikan hadiah berupa satu unit sepeda motor untuk juara 1 oleh Bupati dan untuk juara selanjutnya diberikan bingkisan. Dalam kesempatan itu, Bupati juga memberikan hadiah berupa bingkisan bagi pemenang lucky drow. (Feri)