Gerakan Kemanusiaan Sumut, Kumpulkan Donasi Rp1,622 Miliar untuk Palestina 

sentralberita | Medan ~ Perang antara Palestina dan zionis Israel sudah memasuki hari ke-68. Tentara pendudukan zionis Israel setiap hari membunuh dan membantai warga sipil Palestina, baik anak-anak, wanita dan orangtua.
Hal ini terus menjadi perhatian dunia yang mengecam segala tindakan zionis Israel terhadap warga sipil Palestina tersebut.
Bentuk dukungan terhadap warga sipil Palestina digelar pada Minggu (10/12) bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia (HAM). Gerakan kemanusiaan Sumut for Palestine bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, MUI Medan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Ormas Islam beserta komunitas di Sumut melaksanakan aksi kemanusiaan di halaman Istana Maimoon Medan.
Saat itu hadir para ulama, umaro, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat dari Kota Medan, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan, Langkat, Tebingtinggi dan daerah lain mengecam pendudukan, pembunuhan dan pembantaian warga sipil Palestina serta mendukung kemerdekaan Palestina”.
Dalam aksi kemanusiaan tersebut, telah terkumpul hadiah dari berbagai lembaga, komunitas, masjid, majelis taklim maupun perseorangan hingga Kamis (14/12)
Rp1.622.290.000 yang terkumpul melalui Bank Sumut atas nama MUI Sumut.
”Kami mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas terlaksananya acara tersebut. Kami mengucapkan terima kasih atas hadiah yang diberikan untuk rakyat Palestina. Semoga Allah menggantikannya yang lebih baik dan dilimpahkan rezeki yang berlimpah,” kata Affan Lubis, ketua Panitia Sumut for Palestine di Medan, Kamis (14/12).
Pada kegiatan Sumut for Palestine diserukan untuk terus memboikot produk produksi zionis Israel dan pendukung dan menshare segala postingan terkait Palestina.
Kemudian mengajak masyarakat terus mengumpulkan hadiah sampai Palestina terbebas dari zionis Israel, berdoa meminta perlindungan bagi warga sipil Palestina agar terhindar dari kekejaman dan kebrutalan zionis Israel.
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut merasa bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi memberikan donasi sebagai hadiah untuk perjuangan masyarakat sipil Palestina, berupa donasi yang terhimpun dalam tiga tahap penggalangan dana sejak 10.Oktober 2023.
Demikian disampaikan Ketua MUI Sumut, Dr H Maratua Simanjuntak didampingi sejumlah Pengurus MUI Sumut. Juga hadir Ketua FKUB Sumut Dr H Abdul Rahim, Ketua MUI kota Medan Dr H Hasan Matsum, dan Panitia Gerakan Sumut For Palestina,yang diketuai H. Affan Lubis dalam keterangannya kepada sejumlah wartawan di kantor MUI Sumut  Kamis (14/12). sore.
Maratua menyebut aksi kemanusiaan yang berlangsung Minggu (10/12) dihadiri ribuan umat Islam dan perwakilan umat beragama di halaman Istana Maimun Medan.
Hadir juga ulama nasional, Ustadz H.Bachtiar Nasir serta,Qari dan ulama Palestina, Syaikh Tariq Riyad Jawdat SK.AIK.
Kolaborasi MUI Sumut bersama MUI kabupaten/ kota dan Ormas Islam serta lembaga keagamaan,  Majelis Taklim dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) terus melakukan penggalangan dana yang nantinya akan dihadiahkan kepada  masyarakat sipil di Palestina melalui MUI Pusat dan BAZNAS.
Penggalangan dana mereka lakukan satu pintu melalui rekening Bank Sumut diawali tanggal 10 Oktober 2023 dan tahap pertama dan kedua telah dikirimkan yakni masing-masing Rp745 juta dan Rp 1 Miliar. Tahap ketiga aksi solidaritas tanggal 10.Desember,
terkumpul Rp.1.622.290.000.
Donasi masyarakat Sumut Rp1,6 miliar tersebut hari Jumat (15/12) akan ditransfer ke rekening MUI Pusat untuk diteruskan kepada pihak BAZNAS yang akan memfasilitasi untuk pembelian barang kebutuhan yang akan dikirimkan ke Palestina.
Sementara itu Ketua MUI Kota Medan Dr H Hasan Matsum dan Ketua Dewan Masjid Indonesia  (DMI) Ir H Ahmad Parlindungan Batubara mengharapkan agar penggalangan donasi For Palestine akan terus dilakukan sampai, Palestina merdeka.(rel/wie)