Job Fair Mini Diadakan di Kantor Camat Medan Tuntungan, Kadisnaker Medan : Tujuannya Untuk Lebih Mendekatkan Antara Pemberi dan Pencari Kerja

sentralberita | Medan ~ Job Fair Mini yang diselenggarakan Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan terus berlanjut digelar. Untuk kali ini Kantor Camat Medan Tuntungan dipilih menjadi lokasi job fair mini tersebut, Rabu (13/9).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Illyan Chandra Simbolon yang hadir dilokasi acara mengatakan penyelenggaraan job fair mini sengaja memilih tempat di kantor-kantor Camat yang ada di Kota Medan agar lebih mendekatkan antara pemberi dan pencari kerja itu sendiri.

“Biasanya kami membuat job fair sekali dalam setahun. Namun untuk tahun ini kami berinovasi mengadakan job fair skala mini di masing-masing Kecamatan tujuanya agar masyarakat lebih mudah menjangkaunya sehingga lebih mendekatkan antara pemberi dan pencari kerja,”kata Illyan Chandra Simbolon.

Dengan dipilihnya Kantor Camat sebagai lokasi penyelenggaraan job fair mini diharapkan dapat lebih efektif dan efisien dalam merekrut tenaga kerja kota Medan secara merata.

“Tentunya kita berharap melalui job fair mini ini dapat mengurangi angka pengangguran di kota Medan secara signifikan sebagaimana harapan dari Wali Kota Medan, Bapak Bobby Nasution,”harap Illyan Chandra Simbolon didampingi Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Medan, Duma Gultom.

Job fair mini yang sudah ke sembilan kalinya diadakan ini menyediakan lowongan pekerjaan sebanyak 1735 lowongan dari 15 perusahaan. Tidak hanya melalui job fair mini ini saja, Illyan Chandra Simbolon juga menyebutkan bagi masyarakat Kota Medan yang ingin mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan dan juga pelatihan dapat juga megaksesnya melalui aplikasi Siduta.

“Bagi masyarakat yang ingin mencari informasi lowongan pekerjaan tidak tertutup hanya melalui job fair mini saja, melainkan dapat juga mencari informasinya di aplikasi Siduta. Disitu lengkap ada informasi lowongan pekerjaan maupun pelatihan. Namun lowongan dan pelatihan tersebut hanya diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki NIK kota Medan,”pungkasnya seraya mengatakan aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah konsultasi hubungan industrial antara pekerja dengan perusahaan yang ada di kota Medan.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Camat Medan Tuntungan, Hendra Arjudanto tersebut terlihat ratusan masyarakat yang berasal dari Kecamatan Medan Tuntungan dan sekitarnya sangat antusias mengikuti job fair mini ini. Sejak pagi, mereka sudah mengantri untuk mencari tahu berbagai informasi lowongan pekerjaan yang tersedia. Elvani Tarigan satu diantaranya yang penuh antusias melakukan pendaftaran.

Disela-sela dirinya mencari informasi, Elvani mengatakan job fair yang diadakan di Kantor Camat ini sangat membantu dirinya untuk mencari lowongan pekerjaan, sebab lokasinya sangat dekat dengan domisili tempat tinggalnya.

“Sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi saya pencari kerja, apalagi lokasinya sangat dekat dengan rumah saya. Ditambah lagi lamaran yang kita serahkan langsung ditindak lanjuti oleh perusahaan. Untuk itu, Saya ucapkan terimakasi kepada Bapak Wali Kota Medan dan Dinas Ketenagakerjaan yang sudah menggelar job fair mini ini,”ungkapnya yang berharap job fair mini seperti ini dapat lebih sering diadakan.(01/red)