KPU Terima Berkas Pendaftaran Bakal Caleg DPR Batu Bara

Partai PDIP dan Nasdem Mendaftar Ke KPU Batubara, (sb/ru)

sentralberita I Batu Bara ~ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara menerima secara resmi berkas pendaftaran bakal calon legislatif (caleg) untuk DPRD pada Pemilu 2024 dari Partai Nasdem dan PDI Perjuangan diaula KPU Batubara , Kamis (11/5/2023)

Berdasarkan pantauan sentralberita di lokasi, berkas tersebut diterima langsung oleh Ketua KPU M. Amin Lubis dan Anggotanya Erwin Sos, Alhusain Harahap dan M. Ali Akbar.

Dan dua berkas dari Nasdem dan PDI P, diserahkan dan seluruh berkas calon legislatif yang masuk melalui silon KPU akan kita verifikasi, sehingga nanti sampai dinyatakan lengkap,”kata M. Amin Lubis saat membuka pertemuan.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggara Erwin Sos menyampaikan, sesuai tahapan KPU Kabupaten Batubara membuka pendaftaran bacaleg sejak tanggal 1 Mei sampai tanggal 14 Mei 2023.

“Kami dari KPU mengucapkan terimakasih kepada Partai NasDem yang hadir ini merupakan Partai kedua yang datang menyerahkan berkas nama bacaleg nya. KPU bekerja sesuai tahapan yang ada, artinya hari Sabtu dan Minggu tetap buka”, ujarnya.

Terkait pengajuan daftar nama bakal calon ini pengaploudtan berkas melalui silon harus 100 persen, artinya 40 orang nama bacaleg yang diajukan sesuai kuota kursi yang ada di DPRD Batubara. Dari 40 orang itu harus ada 30 persen keterwakilan perempuan disetiap dapilnya. Semua proses pengajuan nama bacaleg harus dimasukkan melalui akses silon.
Ada empat variable, pertama pengajuan dari pimpinan Partai Politik, kedua daftar bakal calon maksimal 100 persen. Selanjutnya, surat persetujuan dari pimpinan DPD untuk daftar nama peserta bakal calon dan terakhir berkas bakal calon.

“Ini semua yang masuk di silon akan kami teliti atau verifikasi, sebab harus diisi satu persatu persyaratannya. Persoalan ini sudah kita sosialisasikan dua kali, pertama dalam bulan puasa dan kedua di bulan Syawal (Idul Fitri) baru-baru ini yang dihadiri masing-masing partai,”papar Erwin.

Proses pendaftaran bacaleg tersebut dikawal personil Polres Batubara, Bawaslu Batubara, awak media.
Usai menyerahkan berkas nama bacaleg, Ketua DPC NasDem Kabupaten Batubara Drs Darwis MSi menyampaikan terimakasih kepada KPU Batubara atas penyambutannya.
“Alhamdulillah hari ini kita datang ke KPU menyerahkan berkas pengajuan bacaleg dari Partai NasDem sebanyak 40 orang atau 100 persen telah diterima,”ujarnya(ru)