Pemko PSP Siap Entaskan Stunting

sentralberita | Sidimpuan ~ Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Pemko Psp) siap dan berkomitmen mengentaskan stunting didaerahnya. Sebab, persoalan itu menjadi salah satu agenda pembangunan nasional.

Untuk diketahui, Kota Psp termasuk salah satu dari 100 kabupaten/kota di Indonesia yang diproyeksikan dalam percepatan penurunan stunting. Dalam memberhasilkan program itu, sangat dibutuhkan dukungan semua pihak.

“Saya minta, seluruh OPD terlibat dan jangan hanya menyerahkan persoalan stunting ke Dinas Kesehatan”, tegas Walikota Psp, Irsan Efendi Nasution saat membuka acara Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting, di Emerald Hall Hotel Mega Permata, Kamis (12/8/2021).

Dijelaskan Irsan, stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terlambat. Namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Sehingga, berakibat pada kemampuan mental dan belajar anak penderita stunting.

Nah, jika ditelusuri lebih jauh, penyebab stunting tentu tidak hanya karena kurangnya pasokan gizi. Namun, banyak faktor lain yang menyebabkannya. Misalnya, kurangnya ketersediaan pangan dan air bersih, lingkungan yang kurang sehat dan berbagai faktor lain, paparnya.

“Keberhasilan program ini sangat dipengaruhi sektor non kesehatan dengan proporsi dukungan mencapai 70 persen. Makanya, OPD lain juga harus pro aktif”, tegasnya.

Selain jajaran pemerintah, Walikota juga meminta dukungan dari masyarakat. Sebab, selain ketersediaan sarana dan prasarana, pengetahuan dan pemahaman cara pencegahan juga sangat penting. Karenanya, dibutuhkan peran aktif semua pihak, tuturnya.

Amatan wartawan, acara ditandai dengan penandatanganan komitmen pelaksanaan percepatan dan penanggulangan stunting Kota Psp 2021 antara Walikota dengan OPD terkait.

Turut hadir, Ketua DPRD, Siwan Siswanto, Dandim 0212/TS, Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Waka Polres, Kompol Syahril, Sekretaris Daerah, Letnan Dalimunthe, Asisten, Ketua PKK, Pimpinan OPD dan Camat. (SB/PH).