KPNEJ Apresiasi ‘Jokowi Food Estate Humbahas’

sentralberita|Medan~Komite Pengusul Nobel Ekonomi Untuk Jokowi (The Propose Commitee of Economy Nobel for Jokowi) mengapresiasi rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kab. Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, besok, Selasa, 27 Oktober 2020.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPNEJ Yonge Sihombing, SE., MBA didampingi Dra. Murniati Tobing, MSi Sekretaris KPNEJ saat press confrence di Kantor Sekretariat KPNEJ Jl. Sei Asahan No. 80 Medan, terkait rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Kab. Humbang Hasundutan besok, Selasa, 27 Oktober 2020.

Pengembangan Food Estate di Humbahas Manfaatkan Lahan 30.000 Hektare

Pengembangan Food Estate Humbahas kata Yonge merupakan usulan dan gagasan Bapak Menko. Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Kompas.Com,Rabu, 1 Juli 2020 | 14:00 WIB).

Lahan seluas 30.000 hektare di Kabupaten Humbang Hasundutan tersebut, lanjut Luhut, siap digarap. Kondisi tanah di ketinggian 1.400 meter di sana berpotensi subur untuk beberapa komoditas.

“Tanah yang sekarang sudah siap 30.000an hektare. Kita usulkan untuk dirancang jadi bagus. Ternyata dari hasil pertemuan, Pak Syahrul ini luar biasa sudah punya rencana. Jadi, saya pikir akan terjadi nanti. Seperti kentang, bawang putih bisa subur di sana karena ada di ketinggian 1.400 meter,” ujarnya.

Luhut berharap, tanah di Sumut itu nantinya bisa menjadi acuan model lumbung pangan bagi daerah lainnya, termasuk Papua.

“Usulan ini kemudian mendapat respon yang sangat positif bagi Presiden Jokowi, dan kemudian usulan ini dijadikan sebagai Prioritas Proyek Strategis Nasional”, kata Yonge, Penulis Buku Jokowinomics.

Bahkan kata Yonge, Presiden Jokowi meminta pembangunan Food Estate (Lumbung Pangan) tidak hanya di Humbahas, akan tetapi dikembangkan juga di kabupaten, yakni Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau di Kalimantan Tengah.

Proyek Food Estate Humbahas ini kata Yonge akan mampu memacu pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan pendapatan daerah, tidak hanya di Humbahas akan tetapi juga untuk Sumatera Utara.

Selain itu, kata Yonge proyek ini juga merupakan bagian dari strategi memantapkan sistem ketahanan pangan nasional, terutama di masa pandemi Covid-19, dan respon atas himbauan FAO (Food Agriculture Organization)/Badan Pangan Dunia, yang berulang kali menyarankan tentang pentingnya pengembangan lumbung pangan dunia, untuk mengantisipasi krisis pangan dunia.

Besok Tiba Di Humbahas

Presiden Joko Widodo, dijadwalkan akan mengunjungi Kabupaten Humbahas, Selasa besok (27/10/2020). (SuaraSumut.id, Tapanulipost.com, 26/10/2020)

Pesawat rombongan Presiden dijadwalkan tiba besok pagi di Bandara Internasional Silangit, Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara. Untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden tersebut, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, memimpin langsung gelar apel dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan Presiden RI.

Apel gelar pasukan digelar di Bandara Silangit, Senin (26/10/2020), bertindak sebagai komandan upacara Dansatgas Pam VVIP, Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, yang juga sebagai Komandan Korem 023/KS.

Pangdam I/BB menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat Pam VVIP untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dengan cara melakukan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Informasi yang diperoleh menyebutkan, Jokowi direncanakan akan meninjau lokasi lahan food estate di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas.

Presiden dijadwalkan akan menyerahkan sertifikat tanah kepada 87 kelompok tani (lokasi masih tentatif). Usai kegiatan tersebut, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Jakarta sekira pukul 14.00 WIB melalui Bandara Silangit.(SB/01)