Tingkatkan Partisipasi, KPU Tanjungbalai Turun Ke Sekolah dan Kampus

Tanjungbalai | sentralberita – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Tanjungbalai turun ke sekolah dan kampus mendatangi pemilih pemula pada pemilu 2019.
“Salah satu upaya kita dalam meningkatkan partisipasi pemilih yakni mengajak pemilih pemula dan pemilih muda agar memiliki kesadaran menggunakan hak pilihnya, “ungkap Komisioner KPU Tanjungbalai Gustan usai melakukan sosialisasi kepada Mahasiswa STAI Al Hikmah Tanjungbalai, Sabtu (2/2).
Menurutnya, pemilih pemula dan muda berdasarkan statistik data pemilih masuk dalam daftar tertinggi dari segmen pemilih lainnya. Sebagai pemula mereka sangat membutuhkan banyak informasi terkait tata cara memilih.
“kami sengaja menyasar anak sekolah dan mahasiswa agar lebih banyak mendapatkan informasi tentang pemilu sekaligus nantinya mereka dapat berperan menyampaikannya kepada teman temannya, “kata Gustan didampingi dua komisioner KPU Tanjungbalai Juhari dan Bob Pryandi.
Salah satu poin penting bagi pemilih pemula disekolah katanya bagaimana memastikan mereka sudah KTP Elektronik sebagai syarat untuk dapat memilih. Sedangkan bagi kalangan Mahasiswa kami fokuskan kepada bagaimana mekanisme pindah memilih bagi yang berasal dari luar Tanjungbalai.
“Dua hal penting itu kami sampaikan dan ternyata masih banyak siswa yang sudah berumur 17 tahun tapi belum punya KTP Elektronik dan masih ada Mahasiswa yang belum faham untuk mengurus pindah memilih,”ujarnya
Dalam kesempatan itu salah seorang mahasiswi STAI Al Hikmah Sofa mengatakan bagaimana caranya mengajak orang tua yang sudah apatis terhadap pemilu. Hal itu disebabkan kondisi kehidupan keluarganya tidak berubah meskipun sudah berulangkali mengikuti pemilu.
“Ibu saya sudah apatis melihat pemilu ini bagaimana caranya agar ia mau datang ke TPS, “katanya
Menyikapi hal itu , komisioner KPU Tanjungbalai Gustan mengatakan kita harus dapat menyadarkan masyarakat bahwa pemilu itu sangat penting dalam mewujudkan kedaulatan rakyat. Melalui proses pemilu rakyat diberi kesempatan untuk menentukan pemimpin yang sesuai dengan keinginannya.
“pemilu ini sangat penting bagi kedaulatan rakyat karena dengan pemilu lah kita bisa menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin, meskipun masyarakat ada yang golput tapi proses pemilu tidak dapat dihentikan maka bila kita tidak ikut memilih jangan salahkan bila pemimpin yang terpilih tidak sesuai dengan harapan, “tuturnya
Hari pertama sosialisasi go to school dan go to campus Tanjungbalai mengunjungi SMA Sisingamagaraja dan STAI Al Hikmah. (SB/01/TB)

Baca Juga :  Kantor Penyelenggara Pemilu 2024, Sasaran Patroli Gabungan Tiga Pilar Polres Sibolga

Tinggalkan Balasan