Peringati Hari Jadi Ke-427 Kota Medan: Budaya Produktif & Membangun Diusung

Panjat pinang HUT kota Medan

Sentralberita| Medan~Hari pertama kerja  usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1438 H di lingkungan Pemko Medan diisi dengan upacara bendera untuk memperingati Hari Jadi ke-427 Kota Medan tahun 2017 di Lapangan Benteng Medan, Senin (3/7).  Dalam upacara yang berlangsung penuh khidmat dan diikuti ribuan Apratur Sipil Negara (ASN) ini, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting  sebagai komandan upacara.

Saat memberikan arahannya, Wali Kota mengatakan, tugas yang paling berat sesungguhnya adalah melanjutkan pembangunan itu sendiri, sehingga mampu mewariskan keadaan yang lebih baik kepada generasi selanjutnya pada masa mendatang. Diingatkan Wali Kota, semua harus menyadari bahwa Kota Medan saat ini tentu tidak ada tanpa Kota Medan dahulu.  Yang lebih penting lagi, tegasnya, Kota Medan masa depan akan tergantung  kepada Kota Medan saat ini.

Oleh karenanya Wali Kota mengajak semua untuk terus mengusung budaya yang produktif dan membangun. Untuk itu mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu berpesan agar  seluruh jajarannya dapat melaksanakan tugas-tugas pembangunan sesuai dengan harapan masyarakat agar lebih baik lagi pada masa  yang akan datang.

 “Mari satukan hati dan tujuan  untuk mewujudkan Medan kota masa depan multikultural, berdaya saing, humanis sejahtera dan religius. Kemudian hindari budaya destruktif, sehingga kita dapat menjaga proses dan hasil pembangunan dengan sebaik-baiknya. Sebab, pembangunan merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder yang secara aktif berperan serta membangun Kota Medan, termasuk ucapan terima kasih kepada seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan mulai tingkat kota, kecamatan, kelurahan sampai tingkat lingkungan. Untuk itu sebagai wujud apresiasi, Wali Kota memberikan beberapa jenis penghargaan.

Selain penyerahan Satya Lencana Karya Satya 30, 20 dan 10 tahun serta Piagam Penghargaan dari Presiden kepada sejumlah pegawai di lingkungan Pemko Medan, Wali Kota juga memberikan penghargaan dalam bentuk piala sebagai bentuk apresiasi atas kinerja Camat dan Lurah sehingga kecamatan yang dipimpinnya menjadi kecamatan dan  kelurahan terbaik tingkat Kota Medan tahun 2017.

 Untuk kecamatan terbaik, juara pertama diraih Kecamatan Medan Selayang. Disusul Kecamatan Medan Denai sebagai juara kedua dan Kecamatan Medan Area sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk tingkat kelurahan terbaik, juara pertama direbut KelurahanLaucih, juara kedua diraih Kelurahan Sukadamai dan Kelurahan Pulo Braya II sebagai juara ketiga.

Kemudian Wali Kota juga menyerahkan penghargaan kepada masyarakat yang peduli lingkungan, pendidikan, lingkungan terbersih maupun lingkungan yang berupaya bersih dari narkoba. Pemberian penghargaan ini diharapkan semakin meningkatkan motivasi, rasa kekeluargaan serta partisipasi semua, termasuk sleuruh komponen masyarakat untuk selalu memberikan yang terbaik bagi Kota Medan.

 “Khusus untuk penghargaan kepada kecamatan dan kelurahan terbaik, semoga ini semakin memotivasi para camat dan lurah untuk gterus bersaing dalam rangka memajukan wilayahnya sekaligus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakatnya,” harapnya.

Upacara bendera untuk memperingati hari Jadi Kota Medan ini turut dihadiri  Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubuis, Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Arief Budi Susilo, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, Dandim 02/01 BS Kol Inf Bambang Herqutanto, Dandenpom 1/5 Medan, Letkol CPM David  Medion SIP, Kapolres Belawan, AKBP Yemi Mandagi, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin,   Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Ny Nurul Khairani Akhyar Pimpinan SKPD serta tokoh masyarakat.

Peringatan Hari Jadi Kota Medan tahun ini semakin menarik lagi, sebab Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan menggelar lomba panjat pinang bagi masyarakat dan tarik tambang untuk seluruh SKPD di lingkungan Pemko Medan guna memeriahkannya. Kedua lomba ini digelar usai upacara bendera dan dibuka langsung Wali Kota.

Untuk panjat pinang, disediakan 7 batang piohon pinang dengan hadiah menarik dan diikuti masyarakat dari seluruh kecamatan di Kota Medan. Sedangkan untuk lomba tarik tambang yang diikuti seluruh SKPD, juara pertama untuk kategori putra diraih Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pekerjaan Umum sebagai juara kedua dan Dinas Kesehatan juara ketiga.

Untuk kategori putri, juara pertama diraih Satpol PP, juara kedua direbut Dinas Kesehatan dan juara ketiga ditempati Dinas Perhubungan. Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis SH mengatakan, perlombaan ini sengaja digelar untuk memerihkan Hari Jadi ke-427 Kota Medan. “Rencananya tahun depan, kegiatan ini akan kita gelar lebih meriah dengan hadiah yang lebih menarik lagi,” ungkap Mara Husin. (SB/ Husni L/H)

3 thoughts on “Peringati Hari Jadi Ke-427 Kota Medan: Budaya Produktif & Membangun Diusung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *