Dibuka Ketua KONI Medan, Peserta Pencak Silat Naik 34,27 Persen di Ajang Porkot Medan 2024

sentralberita|Medan~Peserta pencak silat pada ajang Porkot Medan 2024 mengalami kenaikan sebesar 34,27 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ajang adu prestasi para pendekar se-Kota Medan ini dibuka Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Medan, Drs Eddy H Sibarani MSi di Gelanggang Remaja Jalan Sutomo Ujung Medan, Selasa (18/6/2024).

Eddy H Sibarani mengatakan, Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan ini merupakan even tahunan yang sudah banyak melahirkan atlet berprestasi nasional. Sebagai atlet yang masih menjadi atlet lapis kedua, tentu Porkot ini merupakan salah satu tangga untuk bisa menjadi atlet nasional. Oleh karena itu, bertandinglah dengan serius atau sungguh-sungguh, karena sukses di Porkot sudah berhak untuk mengikuti even Pekan Olahraga Provinsi Sumatara Utara (Porpropsu) yang akan digelar pada tahun 2026 mendatang.

“Setelah Porkot tetaplah berlatih serius. Jangan terlena dan berleha-leha. Kedepan para atlet pencak silat Medan harus mempersiapkan diri menuju Porpropsu 2026 dan PON 2028”, jelas Eddy.

“Terima kasih kepada pengurus IPSI Kota Medan yang sudah banyak berbuat untuk kemajuan even yang akan dilakoni atlet pencak silat olahraga dikota Medan. Cabor pencak Silat salah satu Cabor yang jadi andalan kota Medan dan sering menyumbangkan medali untuk kontingen kota Medan diajang Porprovsu maupun kejuaraan pencak silat bertaraf regional dan nasional”, tandas Eddy.

Baca Juga :  Tingkatkan Persaudaraan, Ketua dan Anggota BOM'S Kota Pematang Siantar Giat Kopdar

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Kota (Pengkot) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Medan AKBP (Purn) H Enjang Bahri SH MH didampingi Sekretaris Sri Nila Kesumawati SPd mengatakan peserta Porkot tahun ini menunjukkan kenaikan peserta sebesar 34,27 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini peserta Porkot sebanyak 178 pendekar sedangkan pada tahun 2023 sebanyak 117 pendekar.

Enjang menuturkan, kenaikan peserta Porkot Medan 2024 ini membuktikan pencak silat semakin diminati oleh kawula muda. Pencak silat juga sudah dikenal oleh masyarakat luas di Kota Medan, termasuk mancanegara. Siapa saja bisa menguasai teknik pencak silat, asalkan memiliki keinginan yang kuat untuk terus mempelajarinya dengan misi menuai prestasi dengan tetap menanamkan mental juara saat pertandingan.

“Sebanyak 178 pesilat adu prestasi diajang Porkot tahun ini, dengan rincian sebanyak 109 pesilat putra dan 69 pesilat putri yang diikuti 21 kecamatan. Selain itu, pada Porkot tahun ini mempertandingkan sebanyak 22 kelas, terdiri dari kelas tanding putra dari kelas A hingga kelas J. Selanjutnya kelas tanding putri dari kelas A hingga kelas F. Kemudian 6 kelas seni yang terdiri 3 kelas seni TGR (tunggal, ganda, regu) putra dan 3 kelas seni TGR putri, dengan mempertandingkan 114 nomor pertandingan. Pencak silat pada Porkot Medan 2024 di gelar dari Selasa (18/6/2024) hingga Kamis (20/6/2024)”, jelas Enjang.

Baca Juga :  Kasat Samapta Polrestabes Medan Pimpin Apel Sispamkota, Laksanakan Tugas dengan Tanggung Jawab dan Ikhlas

Enjang menambahkan, kegiatan pencak silat Kota Medan sudah saatnya menunjukkan taring di Provinsi Sumut. Oleh karena itu, Porkot Medan 2024 menjadi wadah awal untuk para atlet supaya bisa berprestasi ke tingkat berikutnya. Salah satunya yaitu Porprovsu pada 2026 mendatang. Proses untuk menjadi yang terbaik tidaklah gampang, tetapi butuh perjuangan keras dan kepercaaan diri saat bertanding.

“Selamat bertanding, bertanding yang fair, kita ngotot boleh tapi tetap menjunjung tinggi sportivitas. Walaupun bagaimana, persaingan di area pencak silat Porkot tahun ini sangat kompetitif,” tutup Enjang (SB/01)