Ratusan Mahasiswa Penerima KIP Ikuti Lomba Orasi Ala Bung Karno

sentralberita|Deli Serdang~Ratusan mahasiswa penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) mengikuti lomba orasi ala Bung Karno, serangkaian kegiatan perayaan Bulan Bung Karno, digelar Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan, Percut Seituan, Selasa (11/6/2023).

Dari peserta lomba orasi tersebut diantaranya para mahasiswa penerima KIP Kuliah, yang berdomisi di Desa Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang.

Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Percut Sei Tuan Niko SH MH kepaa media menyebutkan, sebanyak 300 an mahasiswa dari berbagai kampus diundang untuk menyemarakkan kegiatan Bulan Bung Karno.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah antusias mengikuti lomba orasi ala Bung Karno. Juga kami menyampaikan penghargaan setingginya kepada Bapak Ketua DPRD Sumut, Dr. Sutarto, M.Si yang telah memberikan support acara inu,” ungkapnya.

Niko mengatakan, nantinya para peserta memperebutkan hadiah trophy dan uang tunai. “Perayaan ini sebagai wujud penghargaan dan mengingat kembali sejarah, terkait perjuangan Bung Karno dari mulai pergerakan kemerdekaan, proklamasi hingga menjadi Presiden pertama RI,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut, Sutarto mengajak para generasi muda meneladani dan melaksanakan ide pemikiran gagasan dan cita-cita Bung Karno untuk bangsa.

“Saya kira generasi muda memiliki tanggung jawab yang besar untuk menentukan arah bangsa ini. Maka dengan mengingat kembali ajaran Bung Karno, bangsa ini saya yakin akan berjalan terus sebagai bangsa yang besar dengan semangat merdeka,” tambahnya.

Di lain pihak, seorang peserta lomba, Manda Lubis menjelaskan, dirinya baru kali pertama, mengikuti orasi ala Bung Karno.

Manda mengaku, banyak mendapatkan pengetahuan baru tentang sang Proklamator. “Pidato Bung Karno itu keren-keren, sarat makna dan bersemangat. Mudah-mudahan kita semua dapat meneladani beliau,” pungkasnya.(SB/01)