Layaknya Pimpinan APH, Wabup Madina Perintahkan Jaksa dan Polisi Tangkap Calo Pengundian Kios Pasar Baru Panyabungan

sentralberita | Panyabungan ~ Layaknya pimpinan institusi aparat penegak hukum ( APH) Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utami Nasution memerintahkan Polisi dan Jaksa menangkap calo dalam pengundian kios dan Losd Pasar Baru Panyabungan.

“Kalau ada yang melakukan pencaloan, tangkap saja pak jaksa dan polisi siapa saja yang melakukan pencaloan,” perintah Atika saat membuka kegiatan pengundian kios dan Losd Pasar Baru Panyabungan”,Kamis (6/6/2024).

Atika mengungkapkan baik dirinya maupun Bupati Jafar Sukhairi tidak ikut ‘bermain’ dalam pengundian Pasar Baru Panyabungan yang dalam waktu dekat akan resmi dibuka.

“Saya maupun pak Bupati tidak ikut bermain, gak ikut apa – apa disini, jadi kalau ada calo dalam pengundian Pasar Baru ini”, ulangnya.

Atika berharap adanya pasar baru Panyabungan dapat meningkatkan pendapatan yang pedagang dan pelaku sudah ekonomi lainnya. Ia meminta para pedagang agar pasar yang telah dibangun dapat dikelola dan dipelihara dengan baik

Sementara Kadis Perdagangan Madina Parlin Lubis, mengatakan pelaksanaan Pengundian Kios dan Losd Pasar Baru Panyabungan ada 810 unit Bagunan Kios dan Losd yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat T.A 2021 ditambah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mandailing Natal T.A 2023.

“Pasar baru Panyabungan yang akan kita fungsikan pada saat ini, 506 Kios dan 304 Los,”. tutur Parlin.

Ia juga mengungkapkan ada 8 Fasilitas pendukung yang ada di pasar baru Panyabungan, diantaranya Kantor pengelola, ruang CCTV, ruang kesehatan, ruang menyusui, ruang tera ulang, tempat parkir, MCK dan kamar mandi untuk disabilitas, dan Musholla.

Dijelaskan Parlin, Tim Pemanfaatan pasar baru Panyabungan telah melaksanakan beberapa tahapan pemungsian
yaitu, Penerimaan permohonan pedagang, pelaksanaan verifikasi data dan dan validasi data, evaluasi dan klasifikasi, pelaksanaan evaluasi perbup No. 9 Tahun 2024 tentang pedoman pemanfaatan pasar baru Panyabungan dan sosialisasi zonasi tempat pedagang, dan saat ini adalah pembagian kios dan los pedagang.

Pengundian Pasar Baru Panyabungan Madina akan dilakukan 3 hari ke depan. “Hari ni khusus untuk mengundi kios emas, sepatu, sembako, kelontong, pecah belah, elektronik, ambal, aksesoris, buku, toko obat dan kosmetik. Lalu, pada Jum’at esok pakaian jadi, bakal, tukang jahit, dan gorden, serta hari terakhir Sabtu, jenis jualan kering dan basah dilokasi losd.

Amatan Wartawan, cara pembagian Kios dan Losd tersebut dilakukan dengan cara diundi yang disaksikan seluruh hadirin. Satu kertas perorang dimasukkan dalam bola hitam kemudian dikocok lalu diundi untuk mendapatkan lokasi pedagang. Melibatkan OPD, tekniks terkait, Forkopimda dan Forkopimcam.( FS)