Mahasiswa Unimed Turun Ke Jalan Sosialisasi JKN dan Cara Berkomunikasi Kepada Driver Ojol

sentralberita | Medan ~ Mahasiswa semester enam (6) Fakultas Ekonomi, Program Studi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan (Unimed) turun ke tengah masyarakat melakukan sosialisasi kepada driver ojek online (Ojol) di Jl. Bhayangkara, Kel. Indra Kasih, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Jumat (31/5/2024).

Kelompok Mahasiswa Unimed yang turun berbaur melakukan Pengabdian ditengah masyarakat ini dalam rangka memenuhi tugas projek mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa.

“Sosialisasi ini kami lakukan untuk memenuhi tugas project mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa, di FE Prodi Pendidikan Bisnis Unimed, sekaligus bagian dari kontribusi dan pengabdian kami dalam meningkatkan SDM masyarakat sekitar,” ungkap Leonardo kepada wartawan, Minggu (2/6/2024).

Kegiatan diungkapkan Josua Tamba dan Fairuz Idham selaku Ketua masing masing kelompok seperti yang di sampaikan tertulis oleh Leonardo Marcellinus Ndraha bahwa sosialisasi yang dilakukan memiliki dua tema yang dipaparkan kepada driver Ojol dengan dua bagian tim penyaji.

Tema pertama tentang sosialisasi penggunaan aplikasi mobile JKN untuk pendaftaran BPJS secara online kepada Driver Ojek Online yang beranggotakan Adinda Dwi Melinda Hutabarat, Dinda H Hasibuan, Josua Tamba, Juita Makdalena Aritonang dan Leonardo Marcellinus Ndraha.

Sedangkan tema kedua yaitu sosialisasi Trik bernegosiasi dan berkomunikasi untuk pengemudi indriver yang baru bergabung, dengan tim penyaji beranggotakan Anisah Pasaribu, Fewisa Lorenty Silaen, Fifin Sajdah Amimi, Muhammad Fairuz Idham, Sulaiman Falah Siregar menyampaikan kepada para pemuda dan Ojol cara bernegosiasi dan berkomunikasi yang baik kepada pelanggan.

Dalam paparannya mahasiswa kelompok penyaji aplikasi JKN mengharapkan dengan kegiatan itu, kedepannya masyarakat tidak perlu mengantri lama untuk mengetahui dan mendapatkan fasilitas kesehatan yang ada di lingkungan sekitarnya.

“Membekali para driver ojol pentingnya penggunaan JKN mobile BPJS agar kedepan mereka tidak perlu mengantri berlama lama untuk mendapatkan fasilitas kesehatan.” Ujar Leonardo.

Selain itu diharapakan driver ojol mengetahui tentang akses kesehatan yang ada di lingkungan sekitarnya
Sehingg semakin banyak dirasakan manfaat penggunaan JKN mobile BPJS.

Selanjut Mahasiswa kelompok penyaji sosialisasi trik berkomunikasi driver Ojol dalam paparannya mengharapkan peningkatan keterampilan komunikasi, pengemudi sehingga mampu berkomunikasi lebih efektif dengan penumpang.

“Diharapkan driver ojol memiliki kemampuan bernegosiasi yang lebih baik, dimana pengemudi dan penumpang mencapai kesepakatan yang menguntungkan satu sama lain,” ujar Leonardo menyampaikan kepada wartawan.

Peningkatan kepuasan pelanggan dengan komunikasi dan negosiasi yang lebih baik berdampak positif pada rating dan ulasan yang diterima pengemudi.

“Dengan bekal keterampilan komunikasi dan negosiasi yang baik, pengemudi akan merasa lebih percaya diri kedepannya,” tutupnya.

Sosialisasi yang dilakukan dua tim mahasiswa ini mendapat antusias dari puluhan orang Driver Ojol dan pemuda setempat. Mewakili Ojol Rivansyah dan Martua mengaku sangat terbantu dari sosialisasi yang disampaikan para mahasiswa Unimed.

“Kami berjanji akan mengajak keluarga terdekatnya untuk memakai aplikasi JKN mobile BPJS ini agar lebih efisien dan efektif mendapatkan fasilitas kesehatan,” ujar Rivansyah.

“Terimakasih atas sosialisasi ini, sangat membantu saya sebagai pengemudi baru. Saya lebih semakin tau cara berkomunikasi yang efektif dengan penumpang sehingga lebih percaya diri saat berinteraksi dengan calon penumpang,” ujar Martua.

Setelah mengikuti sosialisai ini para driver dan warga di Jalan Bhayangkara Medan, berharap kedepannya mahasiswa UNIMED semakin giat melakukan sosialisasi yang berguna bagi masyarakat sekitar. (Feri)