Polres Sibolga Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 Kota Sibolga Berjalan Aman dan Lancar

sentralberita | Sibolga ~ Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Sibolga digelar dengan penuh khidmat, bertempat di Lapangan Simare-mare, Jalan Kapt. M. Sitorus, Kelurahan Simare-mare, Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga. Upacara dimulai pukul 07.20 WIB. Dengan mengusung Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” Upacara ini menjadi momentum penting dalam mengokohkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Sabtu (01/06/2024).

Upacara dipimpin oleh Danrem 023/KS, Kolonel Inf Lukman Hakim, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Komandan Upacara Mayor Inf Maradiun Parapat dan Perwira Upacara Mayor Inf Agustinus Samosir turut memastikan jalannya Upacara sesuai dengan Protokol yang ditetapkan.

Beberapa tokoh penting hadir dalam upacara ini, di antaranya Kapolres Sibolga AKBP Achmad Fauzy, SH, S.I.K, M.I.K, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Robiyanto, SH, M.Tr.Hanla, Kajari Sibolga Saiful Alam Yuliastana, SH, MH, Wakil Walikota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing dan sejumlah Pejabat lainnya. Kehadiran para Pejabat ini menambah kekhidmatan dan makna Upacara.

Upacara ini melibatkan berbagai kesatuan seperti TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, KSOP dan Navigasi Sibolga, Pelindo, Satpol PP, Damkar, ASN, OKP, mahasiswa, pelajar SLTA/SLTP, dan Pramuka. Mereka membentuk barisan yang rapi dan siap menjalankan setiap Tahapan Upacara.

Rangkaian acara dimulai dengan Persiapan oleh Komandan Upacara, dilanjutkan dengan Penghormatan kepada Inspektur Upacara, Pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, dan Pembacaan Teks Pancasila serta Pembukaan UUD 1945. Amanat dari Inspektur Upacara menjadi salah satu momen penting dalam rangkaian kegiatan.

Dalam amanatnya, Kolonel Inf Lukman Hakim menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa. Beliau mengajak seluruh Komponen Bangsa untuk bersama-sama mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.

“Pancasila harus menjadi Ideologi yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh Rakyat Indonesia. Kita perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para Pemimpin dan Rakyat Indonesia,” ujar Kolonel Inf Lukman Hakim.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa, laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dan Penghormatan Pasukan. Seluruh rangkaian Upacara berakhir pada pukul 08.00 WIB dan berjalan dengan aman serta kondusif.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Sibolga Tahun ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi juga menjadi pengingat akan pentingnya Persatuan dan Gotong Royong dalam mencapai cita-cita bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

(01/red)