Bawaslu Sumut Terima rombongan Tim Kejaksaan Agung RI

sentralberita|Medan~Ketua Bawaslu Sumut, M. Aswin Diapari Lubis didampingi Koordiv Hukum Payung Harahap dan Koordiv Penanganan Pelanggaran Johan Alamsyah menerima rombongan Tim dari Kejaksaan Agung RI yaitu Direktur A pada Jaksa Agung Muda Intelijen, Rabu (15/5/2024).

Hadir Kepala Seksi Partai Politik, Pemilu, dan Pilkada pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAMINTEL) Christian, SH, MH yang juga selaku ketua tim dalam rangka kegiatan Pemetaan Potensi Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) pada penyelenggaraan serentak Tahun 2024.

Christian menyampaikan tujuan kedatangan mereka adalah tindak lanjut Rakernis Bidang Intelijen Tahun 2023 kepada seluruh satuan kerja bidang Intelijen di Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri dan Cabang Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia.

“Tujuan kedatangan Kami sesuai perintah Pimpinan untuk melihat dan mendengar secara langsung khususnya terkait persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 dan Kami mau mendengarkan apa yang menjadi situasi terkini dan bagaimana kecenderungannya dari Bapak-bapak Pimpinan Bawaslu Sumut ini,” ujar Christian.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab itu, Ketua Bawaslu M. Aswin Diapari Lubis menyebutkan bahwa pengalaman penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 yang dilakukan secara serentak seluruh perangkat jajaran pengawas diingatkan terus untuk bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi di wilayah kerjanya masing-masing agar penyelenggaraan pemilu aman dan kondusif.

“Lembaga Pengawas selalu juga melibatkan masyarakat dalam pengawasan,” katanya saat membuka pertemuan itu.

Hal senada juga dikatakan Johan selaku Koordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sumut. Dia menyampaikan kebijakan dari Bawaslu RI adalah mengefektifkan pencegahan.

“Bahwa kali ini kebijakan keberhasilan Bawaslu adalah diukur dari bagaimana pencegahan dilakukan kepada masyarakat dari pada penindakan,’ kata Johan.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan Pemilu yang lalu, harus diakui untuk wilayah Sumut ada permasalahan yakni di Kabupaten Tapanuli Tengah. Namun persoalan selisih data pemilih sudah diatasi.

Pertemuan dipandu Ketua Bawaslu Sumut, mempersilahkan penyampaian informasi kepada Payung Harahap selaku Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Sumut.

Payung Harahap menyampaikan persentase gesekan konflik dimasyarakat menurun jika dibandingkan Pemilu Tahun 2019.(SB/01)