PT Taspen Medan Komitmen Perkuat Kolaborasi dengan ASN dan Siap benahi Diri

sentralberita ~  Medan ~ PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (TASPEN) yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) untuk layanan bagi ASN dalam bentuk Tunjangan Hari Tua (THT), Pensiun, Jaminan Kecelakaan-kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).

Dalam Konfrensi Pers yang dilaksanakan Kominfo Sumut dengan menghadirkan PT Taspen Kantor Cabang Medan, Senin (6/5/2024 di kantor Pemprovsu, Anne Rosfianti sebagai Branch Manager PT Taspen KC Medan, Tiara Mayasari Distribution Head 1 Sumatera, menyampaikan, Taspen Grup terdiri PT Taspen sebagai induk perusahaan dan Bank Mantap serta Taspen Life selaku anak perusahaan berkomitmen perkuat kolaborasi program untuk ASN di Sumut dan siap berbenah diri atas  kekurangan yang mungkin ada disana-sini demi untuk mewujudkan yang lebih baik ke depannya.

Dimotori Ilyas Sitorus selaku Kadis Kominfo Sumut, Anne Rosfianti menyampaikan, Taspen Medan yang beralamat di Jalan Adam Malik no. 65 kota Medan bertugas menaungi para peserta yang terdiri dari ASN, PPPK, Pejabat Negara dan Pensiunan berada di 11 wilayah kerja yaitu, Pemerintah Sumut, Medan Binjai, Tebingtinggi, Tanjungbalai, Deliserdang, Sergai, Batubara, Asahan, Langkat dan Karo.

Untuk menunjang Kemudan pelayanan, Taspen Medan telah bekerjasama dengan Bank Mantap, BRI, Bank Sumut, BTPN, Bank Bumi Artha, BNi, BTN, BSI, Bukopin, Bank Neo Commerce, BWS, Bank Banten, BJB, Bank Aceh dan Kantor Pos.

Dalam hal tindakan dan Perawatan , kata Anne terhadap peserta mengalami kecelakaan kerja, Taspen bekerjasama dengan banyak Rumah Sakit di Daerah yaitu Deliserdang, Batubara, Binjai, Medan Asahan dan Langkat.

Wanita Muslimah berkerudung ini juga menyampaikan, selain jaminan JKK, ASN juga bisa mendapatkan Manfaat melalu program Grouf Personal Accident yang dikelola Taspen Life.

“Program ini sangat terjangkau hanya sebesar Rp 5.000 perbulan untuk santunan meninggal sebesar 60.000.000 karena kecelakaan kerja kapan dan dimanapun,”ujarnya.

Dijelaskan juga, PT Taspen saat ini diberi kepercayaan kepada negara untuk mengelola 4 program antara lain Program Tabungan Hari Tua (THT) dengan iuran 3,25% dari penghasilan pokok pegawai negeri setiap bulannya, program pensiun sebesar 4,75%, program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar 0,24%, dan untuk program Jaminan Kematian (JKM) sebesar 0,72%.

Sementara itu Tiara Mayasari, Distribution Head 1 Sumatera menambahkan, Taspen Juga Fokus oadabuoaya peningkatan kesejahteraan tidak hanya sewaktu berstatus aktif ASN namun juga setelah memasuki usia pensiun. Salah satunya WMS (warung mantap sejahtera) dimana ASN diberikan fasilitas dan pendampingan dalam mendirikan usaha warung sehari-hari dan sudah ada yang sukses.

Diungkapkannya, Taspen kini hadir lebih dekat dan lebih mudah. pengajuan klaim dapatbdilakukan secara daring dengan akses website Taspen Online Service (https://tos. Taspen.co.id) (Husni Lubis)