Jalan Rusak Parah “Makan Korban”,  Kapoldasu Diminta Periksa Pelaksana Pekerjaan

sentralberita|Sergai~Masyarakat Desa Cempedak Lobang dan Desa Simpang Empat,Kecamatan Sei Rampah,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut), sangat resah melihat kondisi jalan yang baru saja selesai dikerjakan sejauh lebih kurang 6 kilometer di Jalan Belidaan Desa Simpang Empat, yang menghubungkan Kecamatan Sei Rampah dengan Dolok Masihul.

Dana yang dihabiskan diperkirakan miliyaran rupiah tahun anggaran 2023. Namun, sangat disayangkan pekerjaan tersebut dinilai asal siap saja dan terkesan tidak memiliki kualitas. Buktinya, baru Lima bulan selesai dikerjakan, sudah alami rusak parah dan berlobang juga retak sana sini.

“Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Teguh Setya Imam Efendi diminta untuk turun langsung melakukan pemeriksaan terhadap hasil pekerjaan proyek yang dinilai asal cepat siap saja.Masyarakat di Desa Cempedak Lobang dan Simpang Empat sangat mengharapkan pihak penegak hukum dalam hal ini Kapoldasu dapat menurutkan tim khusus untuk melakukann pemeriksaan Jalan Propinsi tersebut.”ujar Ariman Damanik,warga Dusun 11 Desa Simpang Empat, Sabtu (30/3/2024).

Selain Kapoldasu, kami juga bermohon kepada Gubernur Sumatera Utara agar memperbaiki jalan yang diperkirakan 3 kilometer lagi belum dihotmix. Sebab, setiap cuaca hujan, badan jalan itu mirip seperti Kubangan Kerbau dan persis juga seperti “Bubur” sehingga sulit untuk dilalui. Kondisi itu sangat meresahkan dan masyarakat harus ekstra hati-hati melintasinya jika tidak ingin menjadi korban. Ia menilai, masyarakat di dua desa ini seperti di anak tirikan saja oleh Pemerintah terkait jalan. Ungkapnya.

“Badan jalan yang rusak parah itu telah menelan korban, seminggu yang lalu pengguna jalan yang berdomisili di Dusun 11 Desa Simpang Empat ini mengalami kecelakaan tunggal akibat tidak melihat jalan rusak parah berada di depannya. Akibat kecelakaan tersebut kata Saelan (59) warga Dusun 11 Desa Simpang Empat, Gigi korban patah, Dagu luka parah, jari tangan dan kaki luka. Kecelakaan itu dialami oleh Aziz (50) warga yang sama. Aziz alami kecelakaan saat mengendarai sepeda motor dari arah Desa Simpang Empat ingin menuju Desa Sei Rampah.Beber Saelan.

Terkait kondisi badan jalan banyak yang alami rusak baru selesai dikerjakan oleh pihak kontraktor, ia sangat mengharapkan Kapoldasu untuk melakukan pmeriksaaan terhadap pihak terkait dalam pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut. Jangan menunggu sampai banyak “memakan korban kecelakaan atau menelan korban jiwa” baru diperbaiki.Ucapnya.(SB/01/Ril)