Wali Kota Hadiri Launching Penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Tahun 2024, di Kantor Pos Cabang Pematangsiantar

sentralberita|Pematangsiantar ~
Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani, Sp.A menghadiri Launching dan Simbolis Penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahun 2024, di Kantor Pos Cabang Pematangsiantar, Jalan Sutomo, Jumat (02/02/2024) sekitar pukul 09.30 WIB. Ada 16.405 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Pematangsiantar yang menerima Bantuan CPP berupa 1 karung beras medium kemasan 10 kilogram.

dr Susanti dalam sambutannya menyampaikan Bantuan CPP bertujuan antara lain, membantu mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga, menjaga konsumen dan produsen terhadap dampak fluktuasi harga, serta mengurangi dampak inflasi yang terjadi akhir-akhir ini.

Di Kota Pematangsiantar, lanjutnya, saat ini ada 16.405 KPM yang menerima Bantuan CPP, yang tersebar di 8 kecamatan dan 53 kelurahan. Jumlah ini, meningkat 489 KPM dibandingkan penerima Bantuan CPP tahun lalu.

“Semoga ke depannya ada penambahan lagi jumlah KPM yang menerima bantuan di Kota Pematangsiantar,” kata dr Susanti.

Disampaikan dr Susanti, Bantuan CPP yang disalurkan berupa 10 kilogram beras untuk setiap KPM. Penyaluran dibagi menjadi tiga titik, yaitu di Kantor Pos Cabang Pematangsiantar di Jalan Sutomo, Kantor Pos Pembantu Martoba di Jalan Sisingamangaraja, dan Kantor Pos Pembantu Nommensen di Jalan Sangnaualuh Damanik.

dr Susanti selaku Wali Kota dan atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberikan perhatian besar kepada masyarakat, termasuk di Kota Pematang siantar.

“Ini amanah Bapak Jokowi kepada Badan Pangan Nasional atau Bapanas, bekerja sama dengan Bulog dan PT Kantor Pos sebagai penyalur,” sebut dr Susanti, dan mengharapkan Bantuan CPP tersebut bisa turut mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematangsiantar Bangkit dan Maju.

Sementara itu, Kepala Bulog Cabang Pematangsiantar Amsyaruddin menerangkan Bantuan CPP Tahun 2024 merupakan lanjutan bantuan yang telah disalurkan di tahun 2023. Di tahun 2023, bantuan pangan disalurkan bulan Maret, April, dan Mei untuk tahap pertama. Sedangkan tahap selanjutnya di bulan September, Oktober, dan November. Sedangkan di tahun 2024, Bantuan CPP diperuntukkan untuk enam bulan, yakni Januari hingga Juni.

“Hari ini, bantuan yang disalurkan untuk Januari 2024, dan segera dilanjutkan untuk bulan Februari,” sebutnya.

Amsyaruddin mengharapkan Bantuan CPP tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para KPM. Ia juga menegaskan, bantuan berupa beras tersebut tidak dapat diperjualbelikan.

Sebelumnya, Kepala Kantor Pos Cabang Pematangsiantar Dody Pulungan mengatakan, pihaknya menargetkan penyaluran Bantuan CPP berupa 16.405 karung beras untuk periode Januari 2024 bisa tuntas Rabu (07/02/2024).

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan CPP berupa 1 karung beras kemasan 10 kilogram secara simbolis kepada 10 KPM.

Turut hadir, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno, S.H S.I.K, Dandim 0207/Simalungun diwakili Danramil 04/SB Kapten Arm Muslimin Saragih, S.E, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematangsiantar diwakili Lamhot Siburian, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar Rinto Leony Manullang, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pematangsiantar Zulfan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar diwakili Gomgom Sirait, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pematangsiantar Zainal Siahaan SE MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pematangsiantar Drs L Pardamean Manurung, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pardomuan Nasution, S.S, M.S P, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Hendra Simamora, S.S.T.P, M.Si, para camat serta lurah se-Kota Pematangsiantar. (SB/MPS)