Pemprov Sumut Apresiasi dan Terus Dukung Lembaga Pendidikan Lahirkan SDM Berkualitas

sentralberita | Medan ~ Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi dan terus mendukung lembaga pendidikan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan Sumut.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Basarin Yunus Tanjung, pada acara Tasyakuran Milad ke-73 Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Milad ke-72 UISU di Masjid Jami’ Al Munawarrah, Kampus UISU, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (3/1).

“Lembaga pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) , untuk itu Pemprov Sumut akan terus mendukung lembaga pendidikan untuk membangun SDM Sumut,” katanya.

Disebutkan, IPM Sumut saat ini berada pada angka 75. Peran lembaga pendidikan, termasuk UISU, sangat dibutuhkan dalam upayamembangun SDM Sumut dan terus meningkatkan IPM ke depan.

Baca Juga :  Kapolda Sumut Kuliah Umum di Kampus UMSU: Pentingnya Manfaat Hukum Bagi Masyarakat

“UISU merupakan salah satu lembaga pendidikan yang telah berkontribusi menghasilkan SDM yang saat ini ikut membangun Sumut,” katanya.

Mengenai tasyakuran HUT Yayasan UISU, Hassanudin mengharapkan kegiatan tersebut tidak hanya menjadi sekadar seremonial rutin tahunan saja. Diharapkan tasyakuran juga dapat menjadi kegiatan refleksi UISU dalam upaya meningkatkan SDM Sumut.

Tantangan dunia yang semakin kompleks pun mesti dihadapi dengan peningkatan daya saing. Hassanudin mengharapkan UISU untuk terus meningkatkan berdaya saing. Sehingga lulusan UISU dapat terus berkompetisi dengan lulusan dari universitas lain.

Selain itu disampaikan juga, rata-rata lama sekolah Sumut saat ini berada pada angka 9,82 tahun. Hassanudin optimis dengan pertumbuhan ekonomi Sumut yang semakin baik, rata-rata lama sekolah Sumut pun akan terus meningkat. Ia juga mengapresiasi banyak lembaga pendidikan yang saat ini membantu masyarakat Sumut memperoleh pendidikan tinggi.

Baca Juga :  Kuliah Kerja Polisi Tahap III Sespimen Polri Dikreg ke-63 TA 2023 Digelar di Polrestabes Medan

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan UISU Ismet Danial Nasution mengatakan, UISU merupakan perguruan tinggi pertama yang berada di luar Pulau Jawa. UISU didirikan pada 7 Januari 1951.

“Saat didirikan, UISU banyak didukung oleh tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi keagamaan dan masyarakat yang ada di Sumut, dukungan itu begitu antusias terhadap kelahiran UISU karena UISU merupakan universitas pertama yang berada di luar Pulau Jawa,” kata Ismet.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Rektor UISU Safrida, beserta pengurus Yayasan dan civitas akademika UISU. **(01/red)