Ketua APTISI Pusat Gelar Silaturrahmi Dengan Perguruan Tinggi Swasta Se Sumut, M Isa Indrawan : Menyerap Aspirasi

sentralberita | Medan ~ Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Pusat menggelar silaturrahmi dengan berbagai perguruan tinggi Swasta di sumut, sekaligus berdiskusi seputar berbagai persoalan yang dihadapi Perguruan tinggi saat ini dan kedepannya demi kemajuan pendidikan bangsa dan negara ini, berlangsung di Grand Kanaya Hotel, Selasa (5/12).

Adapun yang hadir dalam silaturrahmi dan diskusi tersebut diantaranya Ketua Aptisi Pusat Prof Budi Djatmiko, Rektor UNPAB M Isa Indrawan, Rektor Putra Abadi Langkat Sampurna Tarigan Mkes, Rektor UMA Prof Dadan, Rektor UMSU Prof Agussani dan para rektor universitas dan pimpinan perguruan tinggi di Sumut serta sekretaris bapak suprianto dan bendahara ibu siti nurmawan.

Ketua APTISI Sumut M Isa Indrawan dalam silaturrahmi itu mengatakan, Terima kasih atas kehadiran Ketua APTISI Pusat Prof Budi Djatmiko, semoga kami mendapat pencerahan dalam pengembangan perguruan tinggi swasta yang ada di Sumut ini, ucapnya.

Lebih lanjut M Isa Indrawan yang juga Rektor Unpab itu, Bahwa penerimaan mahasiswa mandiri di perguruan tinggi yang memakai batch 1, batch 2 dan seterusnya, serta bergesernya Universitas Terbuka ke Wilayah Perkotaan sangat berdampak terhadap pertumbuhan perguruan tinggi swasta secara nasional, jadi kesempatan ini kita pergunakan menyerap aspirasi dari pimpinan perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara. Terkait permasalahan-permasalahan yang ada juga terkait isu-isu yang terkini, ucapnya. Hal ini mengingat jumlah mahasiswa 75 persen itu adanya di perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia dan jumlah perguruan tinggi swasta di Indonesia berjumlah hampir 4.000 an dan di Sumatera Utara ada 205. Makanya dalam kesempatan ini kami manfaatkan untuk sharing dengan Ketua APTISI Pusat Prof Budi Djatmiko untuk memberikan masukan-masukan apa yang akan disampaikan ke kementerian dan beliau biasanya memberikan tips-tips bagaimana efektif dan efisiensi pengelolaan perguruan tinggi swasta di Indonesia. Nantinya rekomendasi hasil pertemuan selain akan disampaikan ke Kementerian dan juga pada pleno-pleno APTISI nantinya, ucap Ketua DMDI Sumut itu.

Sementara itu Ketua APTISI Pusat Prof Budi Djamiko mengatakan, Saat ini banyak permasalahan PT khususnya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tidak bisa diselesaikan dengan cepat. Hal itu karena terbentur dengan UU dan Permen, serta kecepatan penyelesaiannya.“Mungkin akibat banyaknya PR masa lalu di Kemenristekdikti atau kurang memperhatikan slogan presiden ‘Kerja, Kerja, Kerja’ yang masih diselesaikan secara manual, padahal sudah zaman digital,” tutur Budi.(01/red)