Icon Sunsuria Buka Perawatan Kanker Pertama di Island Hospital Malaysia, Siapkan Perawatan Kelas Dunia untuk Pasien Indonesia

sentralberita | Jakarta ~ Icon Sunsuria Sdn. Bhd. (“Icon Sunsuria”) mengumumkan kemitraan bersejarahnya dengan Island Hospital, membuka jalan bagi berdirinya pusat kanker pertama mereka di Malaysia, yang rencananya dibuka di Penang pada awal 2024. Pusat perawatan kanker baru ini menawarkan layanan perawatan kanker komprehensif dengan fasilitas kelas dunia bagi pasien dari Malaysia dan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Penang telah menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan medis Indonesia. Menurut Penang Centre for Medical Tourism (PMED), ada 178.000 wisatawan medis yang mengunjungi Penang pada 2022. Sementara Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) melaporkan bahwa dari 166.000 pengunjung medis, sekitar 90% merupakan warga Indonesia. Penang Global Tourism menyebutkan bahwa wisatawan Indonesia yang terbang ke Penang tahun lalu berasal dari Banda Aceh, Medan, Jakarta, dan Surabaya, dan lainnya. Pengobatan kanker menjadi salah satu alasan untuk bepergian ke luar negeri, selain pengobatan penyakit jantung dan gangguan pencernaan.

Kerjasama strategis ini menggabungkan keahlian onkologi regional dari Icon Sunsuria dengan kepemimpinan Island Hospital sebagai salah satu rumah sakit swasta terbesar di Malaysia dan destinasi pariwisata medis terkemuka, untuk memberikan pasien akses ke perawatan kanker berstandar dunia.
Mewakili Icon Sunsuria dalam upacara penandatanganan hari ini adalah Serena Wee, Chief Executive Officer Icon ASEAN dan Hong Kong, sedangkan Island Hospital diwakili oleh Chief Executive Officer, Mark Wee. Turut hadir dalam acara ini Tan Sri Datuk Ter Leong Yap, Founder dan Executive Chairman Sunsuria Berhad serta Lim Kooi Ling, Chief of Staff Island Hospital.

Pencapaian ini menyusul kemitraan terbaru antara Sunsuria Healthcare, anak perusahaan Sunsuria Berhad, dan Icon Cancer Centre Singapore, bagian dari Icon Group, penyedia perawatan kanker terpadu terbesar di Australia, yang menghasilkan terbentuknya Icon Sunsuria.

Kolaborasi ini menggabungkan keahlian mendalam Icon Group dalam onkologi, termasuk lebih dari 300 dokter, 50 pusat kanker, dan 5 fasilitas pembuatan obat kemoterapi, dengan kekuatan dan pengetahuan Sunsuria Healthcare tentang jaringan lokal dan lanskap kesehatan, untuk meningkatkan spesialis medis yang diakreditasi secara internasional, serta fasilitas kelas dunia di Island Hospital. Hal ini untuk memastikan bahwa pasien, baik dari Malaysia maupun negara kawasan, mendapat akses ke perawatan kanker yang komprehensif dan didasarkan pada bukti medis.

“Misi utama dari Icon Sunsuria adalah menjadikan perawatan kanker yang canggih dapat diakses dengan pendekatan yang komprehensif dan berfokus pada pasien,” ujar Serena Wee, Chief Executive Officer Icon ASEAN dan Hong Kong.
“Kerjasama kami dengan Island Hospital adalah bukti dari misi ini, dengan menggabungkan keahlian onkologi kami yang luas dengan lembaga kesehatan ternama.”

“Bersama-sama, kami akan memanfaatkan kemampuan kolektif untuk membantu mengurangi kesenjangan dalam akses perawatan kanker dan mengatasi beban kesehatan. Kerjasama ini merupakan langkah penting dalam visi kami untuk menyediakan perawatan kanker kelas dunia dan akses yang lebih besar untuk perawatan kanker berkualitas bagi pasien di Malaysia dan negara sekitarnya. Melalui kerjasama ini, kami akan memberdayakan pasien dan keluarga mereka dengan pengetahuan dan sumber daya dalam perjuangan melawan kanker serta membuat langkah-langkah penting menuju keberhasilan untuk sembuh (survivorship).”

Mark Wee, Chief Executive Officer of Island Hospital mengatakan, “Kerjasama ini merupakan komitmen berani lainnya dari Island Hospital untuk lebih mengembangkan onkologi sebagai salah satu pilar keunggulan medis kami. Melalui kerjasama ini, kami memperkuat komitmen untuk meningkatkan akses pasien dari seluruh wilayah ke perawatan dan teknologi terbaik, menawarkan berbagai perawatan kanker multidisiplin yang didukung tim profesional yang berdedikasi dan peralatan medis diagnostik dan terapeutik yang canggih di Island Hospital.”

Mark Wee menambahkan, “Dengan lebih memanfaatkan kehadiran dan kekuatan kami di kawasan Asia Pasifik, kami berkomitmen memberikan keunggulan unik bagi masyarakat Indonesia, sekaligus memajukan sektor pariwisata medis yang berkembang pesat di Malaysia ke level berikutnya.”

Berdiri pada tahun 1996, Island Hospital merupakan institusi perawatan kesehatan dengan 600 tempat tidur dan telah diakreditasi secara internasional. Diakui sebagai penyedia layanan kesehatan utama di Malaysia, rumah sakit ini melayani pasien dari komunitas lokal maupun internasional. Yang patut dicatat, Island Hospital mendapat kehormatan menjadi satu-satunya rumah sakit di Penang yang masuk dalam daftar Kementerian Kesehatan Malaysia untuk Flagship Medical Tourism Hospital Programme (FMTH) yang prestisius.
“Icon Sunsuria memilih Penang sebagai lokasi pusat pertama kami karena lokasinya yang strategis dan reputasi mapan sebagai tujuan bagi pasien yang mencari perawatan medis canggih. Dengan mendirikan pusat layanan di sini, kami tidak hanya meningkatkan akses ke perawatan kanker berkualitas tinggi untuk pasien dari Malaysia dan wilayah Asia Tenggara yang lebih luas, termasuk Indonesia. Menurut Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2020, Indonesia memiliki 396.914 kasus kanker dan 234.511 kematian akibat kanker. Bekerjasama dengan Island Hospital, salah satu lembaga kesehatan terkemuka di Malaysia, maka pasien kanker dari berbagai wilayah di Indonesia kini berkesempatan untuk mendapatkan perawatan kelas dunia di fasilitas baru kami,” ujar Audrey Ooi, Chief Executive Officer Sunsuria Healthcare.(put)