Kolaborasi TNI, Warga dan Pemerintah Kabupaten Toba Jaga Kebersihan Desa

sentralberita|Toba~Sudah menjadi sebuah agenda rutin setiap bulan kegiatan aksi bersih-bersih desa, secara terus menerus dilaksanakan oleh TNI dari Kompi A-125 Yonif/S’imbisa bersama perangkat desa, warga dan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Toba.

Jumat (6/10/2023) aksi bersih-bersih kembali dilakukan di sepanjang Jl. Serma Muda Simanjuntak yang melintasi tiga desa, Desa Sibolahotang SAS, Desa Balige II dan Desa Hutabulu Mejan, Kecamatan Balige. Semak di sepanjang tepi jalan dibabat, serta sampah yang berserakan dibersihkan. “Ini menjadi agenda bulanan kita yang rutin kita laksanakan setiap bulan,” kata Danton Kipan A-125 Yonif/SMB Lettu Inf. Agus Fajri disela aksi bersih-bersih pada Jumat pagi.

Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, aksi bersih-bersih juga dilakukan untuk menghindari kecelakaan bagi pengendara, sebab semak belukar di pinggir jalan menutup pemandangan jalan bagi pengendara, terlebih kondisi jalan yang menikung dan menanjak. “Sering kali pengendara baik yang datang dari bawah ataupun dari atas, tidak bisa melihat pengendara yang datang dari arah berlawanan karena semak yang sudah sampai ke badan jalan, apalagi jalan ini menikung. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan di sini,” ujarnya menambahkan.

Camat Balige, Pantun Pardede mengapresiasi kolaborasi yang selama ini menjadi rutinitas untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Kita sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Apalagi ini dilakukan dengan kolaborasi antara TNI, masyarakat, pemerintah desa hingga pemerintah daerah,” ujarnya.

Selain mengapresiasi kegiatan tersebut, Pantun Pardede juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di daerah kawasan padat penduduk. “Tidak hanya di daerah padat penduduk, tetapi dimana saja jangan buang sampah sembarangan,” ujarnya. (SB/MPS)