233 Peserta Pilkades Serentak Tandatangani Deklarasi Damai, Bupati Toba: Ciptakan Kedamaian Bukan Perpecahan

sentralberita|Toba~Tinggal menghitung beberapa hari lagi, Pemilihan Kepala Desa serentak di kabupaten Toba akan dilaksanakan.

Tahapan demi tahapan telah dilakukan oleh panitia penyelenggara Pilkades Kabupaten Toba sampai kepada tahapan penandatanganan deklarasi Damai yang ditanda tangani oleh sebanyak 233 peserta atau calon Kepala Desa dari 87 desa yang terdapat di 16 wilayah kecamatan di Kabupaten Toba.

Peserta pemilihan kepala desa yang diundang oleh Pemerintah Kabupaten Toba tersebut, seluruhnya hadir dan sangat tekun mengikuti kegiatan penanda-tanganan deklarasi damai yang bertempat di pendopo rumah dinas Bupati, Balige, Jumat (6/10/2023) sore hari.

Dalam kegiatan Deklarasi Damai, para unsur Forkopimda Kabupaten Toba, diawali oleh Dandim 0210/TU Letkol Inf. Saiful Rizal menyampaikan pesan “saat pemilihan Kepala Desa serentak dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2023, agar semua pihak benar-benar mengikuti aturan yang sudah berlaku, tidak ada pihak-pihak yang berupaya menggagalkan atau membatalkan Pilkades damai. Jika ada ditemukan pihak-pihak yang demikian, maka akan berhadapan dengan kami, TNI dan Polri,” Ucap Dandim kepada semua calon kepala desa.

Plt. Kejari Toba Samosir, Nanang Dwi Priharyadi dalam pesannya, meminta semua calon agar mengajak kelompok massa pendukungnya lebih arif dan bijak dalam menjalani pesta demokrasi
“Jangan ada lagi black campaign, money politik,” katanya.

Baca Juga :  Kapolres Samosir Cek Situasi Jelang Malam Pergantian Tahun

Kapolres Toba AKBP Taufik Hidayat juga menyampaikan point-point yang sangat penting yang sangat penting dipahami para calon Kades yakni ; agar mendukung dan mensukseskan Pelaksanaan Pemilihan Kepala desa secara jujur, adil, bermartabat, agar menjaga persatuan dan persaudaraan di desa atau tidak menciptakan perpecahan, selanjutnya tidak melakukan perbuatan menghasut untuk bertindak anarkis,

tidak menempel photo yang bukan diri peserta saat berkampanye, melakukan suap atau money politik serta Tindakan lain yamg melanggar peraturan Perundang undangan yang berlaku, siap menerima Hasil Pemilihan Kepala Desa dengan realistis, Jika ada ditemukan pihak yang bertindak merugikan maka, para calon akan menempuh jalur Hukum sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku, serta jika ada yang melanggar kesepakatan ini, bersedia di proses dan dituntut sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kapolres juga berpesan agar Pilkades tidak mengakibatkan masyarakat bercerai-berai. Karena itu diminta kepada semua pihak, terutama calon kepala desa agar tidak mengadu domba masyarakat. “Jangan sampai Pilkades membuat kita bercerai-berai. Kita sedang berpesta demokrasi. Apalagi sampai mengadu domba, jangan coba-coba mengadu domba ditengah masyarakat, saya dengan Pak Dandim, akan bertindak” seru Kapolres.

Baca Juga :  Polres Tanjung Balai Laksanakan Binrohtal Kepada Personil

Bupati Toba, Poltak Sitorus menyampaikan beberapa tips jitu kepada peserta Pilkades. Katanya untuk menghadapi Pilkades agar jadi pemenang. “Jika kalian semua ingin menjadi pemenang, ikuti tips dari saya,” kata Bupati

Adapun tips yang disampaikan adalah, bahwa para calon kepala desa harus menjadi calon Kades Na Raja. Tips pertama adalah menjadi Calon Kades yang perduli, santun, bijaksana dan taat hukum. dan Jangan harapkan menang dengan money politik. Ke dua, jadilah calon kepala desa yang santun,” katanya.

Selain itu calon kepala desa juga harus bijaksana dan taat aturan. Jangan mengkampanyekan hal-hal yang tidak realistis dan tidak masuk akal. “Jadilah calon Kades yang taat aturan, taat hukum. Ikuti semua aturan yang telah ditetapkan,” lanjut Bupati.
“Ke empat, jadilah Calon Kepala Desa yang pandai dan bijaksana, maksudnya Jangan hanya menjanjikan angan-angan yang tidak bisa digenapi.

Poltak Sitorus juga menekankan agar semua pihak terkhusus para calon menciptakan kedamaian bukan perpecahan sembari mengakhiri tips yang disampaikan kepada para calon Kades

Turut serta hadir pada kegiatan penandatanganan Deklarasi Damai; Wakil Bupati Toba, Tonny M. Simanjuntak, Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Augus Sitorus, seluruh Camat se-Kabupaten Toba. (SB/MPS)