Bupati Sergai di Rakernas HPI ke XIX, Ini Pesannya

Bupati Sergai dalam acara Rakernas HPI ke XIX Tahun 2023

sentralberita | Sergai ~ Pembukaan Rapat Kerja Nasional Himpunan Pramuwisata Indonesia (Rakernas HPI) ke XIX tahun 2023 dihadiri oleh Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya. Acara ini digelar di objek wisata Pantai Woong Rame, Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (3/10/2023).

Membuka sambutannya Bupati Darma Wijaya berharap HPI mampu memajukan profesi pramuwisata Indonesia dengan meningkatkan profesionalisme dan rasa tanggung jawab serta memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengunjung di Indonesia terkhusus di Kabupaten Sergai.

“Kegiatan ini bukan hanya merupakan momen berharga bagi kita semua, namun juga menjadi suatu kehormatan besar bagi Kabupaten Sergai dipercaya sebagai tuan rumah acara Rakernas HPI ini,” ucapnya.

Ia melanjutkan, Kabupaten Sergai dengan keindahan alamnya, budaya yang kaya, dan keramahan penduduknya, dengan destinasi wisata yang cukup banyak, baik pantai dengan kuliner seafood-nya serta wisata sungai dengan arung jeramnya di Sungai Bahbolon merupakan destinasi wisata yang patut dikunjungi dan dijelajahi.

“Apalagi tahun depan PON ke-22, Kabupaten Sergai juga menjadi tuan rumah cabang olahraga voli pasir atau voli pantai yaitu di Kecamatan Pantai Cermin ini. Oleh karena itu, mohon dukungan kita semua dapat mempromosikan Kaupaten Sergai sebagai bagian dari pariwisata potensial di tanah air,” tambahnya.

Bupati kemudian menyebut terselenggaranya acara ini menjadi bukti nyata kolaborasi yang strategis antara pemerintah, sektor pariwisata, dan para pemangku kepentingan umtuk memajukan industri pariwisata Indonesia, khususnya di kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Ia meyakini pariwisata merupakan sektor penopang perekonomian yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional, regional maupun lokal.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap seluruh komponen masyarakat dapat berinteraksi satu dengan yang lain sehingga akan tercipta rekonsiliasi secara alamiah, menjalin tali silahturrahmi, rasa persaudaraan, rasa persatuan dan kesatuan sebagai pilar utama dalam menyatukan kekuatan demi melanjutkan pembangunan nasional lewat sektor pariwisata khususnya,” jelasnya.

Sebelumnya Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HPI Imam Widodo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama Kabupaten Sergai, atas terselenggaranya Rakernas ini.

“DPP HPI tentu bangga terhadap persiapan dan kerja keras tim yang di lakukan DPD Sumut dan DPC Sergai, ini merupakan kolaborasi tim antar DPP, DPD dan DPC dalam menyukseskan acara rakernas ini,” kata Imam.

Ia menyebut bahwa agenda Puncak Rakernas HPI XIX membahas program kerja terutama bidang Organisasi, Diklat, dan Kesra.

“Selanjutnya akan dilakukan promosi dan perkenalan objek wisata melalui tour Desa Wisata dan Danau Toba Samosir,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD HPI Sumut Kus Hendra menyampaikan pujiannya terhadap para perwakilan DPD se-Indonesia yang menyempatkan diri hadir dalam Rakernas ini.

“Rakernas ini dihadiri oleh banyak perwakilan HPI. Ada dari Gorontalo, bahkan Papua. Ini jadi bukti soliditas HPI dalam membangun sektor pariwisata,” katanya.

Turut hadir dalam pembukaan Rakornas ini Kapolres Sergai AKBP. Oxy Yudha Pratesta, SIK, mewakili Dandim 0204/DS, mewakili Kajari Sergai, Anggota DPRD Sergai Meryanto, Asisten Ekbang Fitriadi, S.Sos, M.Si, Kadisporaparbud Akmal, AP, M.Si, mewakili Kadispora Provinsi Sumut, serta para Ketua DPD HPI se-Indonesia. (SB/ARD).