Edwin Sugesti Nasution Kembali Laksanakan Sosialisasi Adminduk

sentralberita| Medan~Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), Edwin Sugesti Nasution, SE MM melaksanakan Sosialisasi Produk Hukum Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dua sesi, Minggu(1/10/2023) yakni di Jalan Sosro, Lingkungan VIII Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, sore dan di Jalan Suasa Selatan, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Medan Deli, pagi.

Dihadapan masyarakat yang kebanyakan ibu-ibu yang berhadir, Edwin Sugesti menyampaikan tujuan Sosper agar masyarakat mengenal/mengetahui peraturan daerah (Perda) yang ada di Kota Medan. Manfaatnya, untuk memenuhi hak asasi setiap orang di bidang Administrasi Kependudukan agar meningkat kesadaran berperanserta dalam pelaksanaan Administrasi Kependudukan.

“Kita Sosialisakan Perda Adminduk hari ini, dengan harapan bisa memberikan pengetahun dan motivasi sehingga persoalan Adminduk bisa berjalan dengan baik dan masyarakat memiliki Adminduk secara lengkap di Kota Medan, kota yang kita cintai ini,”ujarnya.

Menurut Ketua Fraksi DPRD PAN Medan ini, persoalan–persoalan terkait Adminduk di tengah masyarakat masih banyak di karenakan masyarakat sendiri belum memahami dan belum mampu menghadirkan syarat – syarat yang dibutuhkan dalam pengurusan Adminduk.

Melalui Sosper Adminduk, kata Edwin, keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen penduduk setiap peristiwa yang dialami penduduk akan dapat memberikan perlindungan status hak sipil penduduk.

Edwin Sugesti menyampaikan, saat ini segala urusan terutama dengan pemerintah lebih-lebih untuk mendapatkan/menerima bantuan tak terlepas dari kelengkapan persyararatan administrasi, fungsinya untuk dipergunakan misalnya seorang warga sakit mau berobat, mau sekolah, melamar pekerjaan dan lain sebagainya, semua harus memakai identitas, karenanya adminduk keharusan dimiliki warga khususnya di Kota Medan.

Baca Juga :  Polres Tebing Tinggi Gandeng KPU Adakan Simulasi Pengamanan TPS

Jangan Ada Lagi

Untuk itu, Edwin menegaskan, jangan sampai ada warga Medan tidak memiliki adminduk, baik KTP, KK, Akte Kelahiran, hingga dokumen atau surat pernikahan.

”Jangan ada lagi Warga Kota Medan yang tidak memliki identitas penduduk secara lengkap,” ujar Edwin Sugesti DPRD Medan dari Kecamatan Medan Perjuangan, Medan Timur, Medan Tembung dan Medan Deli.

Lebih lanjut dia mengingatkan kepada kalangan masyarakat agar berhati hati dengan persoalan NIK (Nomor Identitas Kependududkan) ganda. “Untuk itu, hrs selalu mengecek NIK adminduk kita, sebab NIK tersebut bisa disalahgunakan orang lain. Makanya kalangan masyarakat hendaknya senantiasa memantau keabsahan adminduk yang dimiliki,”kata DPRD Medan dari Partai PAN ini.

Kemudian, anggota DPRD Medan ini mengingatkan kalangan masyarakat agar jangan lagi bermain-main atau tidak benar dalam pengurusan data kependudukan. Sebab data kependudukan yang berlaku saat ini sudah semakin membaik dan terdata online secara nasional.

“Jadi sampaikanlah kepada keluarga dan tetangga kita lainnya, agar mengurus data kependudukannya masing-masing. Apalagi jika kita ingin mengurus administrasi lainnya seperti akte kelahiran, akte nikah hingga BPJS, juga harus punya KTP dan KK yang aktif,”beber Edwin.

KK Barkode

 

Kemudian secara tegas mengungkapkan, kedepan Kartu Keluaraga (KK) wajib dimiliki masyarakat adalah yang memiliki barcode. “Jika masih ada ibu-ibu belum memiliki KK barcode dimohonkan agar segera mengurusnya. Sebab KK yang terbaru berlaku secara nasional saat ini adalah KK barcode dengan sisten digital, “ujarnya seraya mengingatkan, jangan sembarangan memasukkan nama walau nama keluarga sendiri ke dalam KK, karena bisa kelak menibulkan permasalahan.

Kartu keluarga yang sudah barcode, kata Edwin salah satunya yakni terjaminnya keabsahan Kartu Keluarga, Sebab kartu keluarga yang sudah barcode memiliki keabsahan dan kekuatan dalam melindungi data yang ada. Dengan demimian, diyakini bisa melindungi keluarga dari ancamanrencana atau tindakan kejahatan maupun kegiatan penipuan.

Baca Juga :  Terkait Kamar Rawat Inap, Dinkes dan BPJS Diminta Awasi secara Ketat RS di Kota Medan

Oleh karena itu, anggota DPRD Medan dari Dapil Kecamatan Medan Timur, Medan Perjuangan,Medan Tembung dan Medan Deli ini mengajak kalangan masyarakat khususnya kaum ibu yang sering berurusan dalam pembuatan adminduk keluarganya, agar benar-benar berhati-hati dalam penulisan jati diri pribadi dan keluarganya.

“Sekembalinya dari Sosper ini, di rumah ibuk-ibuk agar memeriksa segala surat-surat dan sampaikanlah sama keluarga dan tetangga masing-masing dan jangan suruh orang lain untuk pengurusan adminduk. Misalnya akte kelahiran anak, berbeda satu huruf pada nama di adminduk atau dokumen lainnya, bisa berakibat fatal,” tergas Edwin seraya mengajak kalangan masyarakat senantiasa memantau keabsahan adminduk yang dimiliki.

Tidak Sulit

Menurut Edwin, tidak ada sulitnya mengurus surat-surat kelengkapan Adminduk asalkan ada kemauan dan kesadaran, dan dirinya sebagai anggota DPRD Medan yang diberi amanah oleh masyarakat siap membantu pengurusannya dengan gratis.

“Bahkan kita siap membantu mengurus Adminduk masyarakat nol data (angrester) sama sekali, demikian juga surat pindah diurus bersama timnya sebagai pengabdiannya kepada masyarakat atas amanah diberikan menjadi anggota DPRD Medan.

Demikian juga dengan ikhlas dan sukerala mendaftarkan ke DTKS (Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial). “Datang saja ke Rumah Aspirasi Edwin Sugesti di Jalan Sosro Medan, kita akan membantu dalam segala urusan indentitas kependudukan yang diinginkan masyarakat dengan gratis, “ujarnya. (SB/01)