Kapolres : Pilkades Serentak 2023 Madina Berjalan Tertib, Lancar, Aman Dan Kondusif

Kapolres Madina

sentralberita | Madina ~ Kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat ( Kamtibmas) sebelum, pada saat dan sesudah Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades) serentak di Kabupaten Mandailing Natal ( Madina) tahun 2023,berjalan lancar, damai dan kondusif.

Hal itu dikatakan Kapolres Madina AKBP Reza Chairul Akbar Sidik SI.k, SH MH usai meninjau pelaksanaan Pemungutan suara susulan di Desa Gunungtua Jae, Selasa (22/8/2023).

“Alhamdulillah Secara umum kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pilkades serentak di 256 desa se Kabupaten Mandailing Natal sejak semalam dan hingga sore ini berjalan lancar, damai dan kondusif dan terkendali”, ucap Kapolres.

Kapolres Madina dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Madina, sehingga Pilkades berjalan sukses dan damai.

” Ini semua berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat, panitia dan pihak – pihak terkait”, terimakasih sekali lagi”, ulang Kapolres.

Baca Juga :  Atensi Kapolda,Bukan Hanya Kotanopan, Kapolres Madina Akan Tuntaskan Seluruh Tambang Ilegal Di Madina

Sedangkan terkait adanya protes terhadap hasil penghitungan suara di kecamatan Panyabungan Utara, Kapolres meminta bagi peserta Pilkades yang merasa keberatan atas hasil perhitungan agar dapat menempuh jalur aturan yang telah ditetapkan.

” Semua ada aturan mainnya,ada mekanismenya kalau ada yang keberatan,protes silahkan tempuh jalur sesuai prosedur, kalau terkait penghitungan suara mengacu pada Perbup no. 23 tahun 2023,kalau soal money politik ada jalur hukum”, jangan sampai menyelesaikan masalah dengan masalah, tapi selesaikanlah masalah tanpa masalah sesuai prosedur yang ditetapkan, “tegas Kapolres.

Sementara itu atas nama Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Kadis Pemerintahan Masyarakat Desa ( PMD) Madina Ahmad Meinul Lubis mengatakan secara umum pelaksanaan Pilkades serentak Madina 2023 berjalan lancar, tertib damai dan kondusif.

” Alhamdulillah atas kerjasama seluruh panitia dan seluruh elemen masyarakat serta didukung aparat keamanan Polri dan TNI Pilkades Madina serentak Madina 2023 berjalan tertib, lancar, damai dan kondusif, kami mengucapkan terimakasih”, ucap Meinul Lubis.

Baca Juga :  Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis Lepas Pendistribusian Logistik Pilkades Serentak tahun 2023

Terkait adanya kesalahan dalam pencetakan surat suara sehingga Pilkades di beberapa tempat harus tertunda, Meinul mengakui hal tersebut sebagai bahan evaluasi ke depan.

Sementara mengenai permasalahan di Desa Jambur, Meinul meminta pihak – pihak yang merasa keberatan agar menempuh prosedur dan mekanisme sesuai aturan yang ditetapkan.

Dalam kesempatan tersebut Meinul juga mengungkapkan, seluruh kotak dan surat suara pilkades hampir seluruhnya sudah tiba di kantor PMD Madina.

Sementara itu, pihaknya segera akan melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara, dan secepatnya akan dilakukan penetapan pemenang.

Ia juga menyampaikan sesuai tahapan, pelantikan Kades terpilih akan dijadwalkan pada bulan Oktober 2023.( FS)