Bupati Toba Serahkan Alat Bantu Kepada Penyandang Disabilitas

Penyerahan bantuan disabilitas

sentralberita | Toba ~ Warga penyandang Disabilitas di kabupaten Toba terima alat bantu dari pemerintah Kabupaten (Pemkab Toba).
Sebanyak 24 orang warga Kecamatan Balige dan 13 warga Laguboti, penyandang disabilitas menerima bantuan dari Dinas Sosial berupa alat bantu kursi roda , walker tongkat ketiak, dan tongkat kaki tiga

Pelaksanaan penyerahan bantuan tersebut, dimulai dari Kantor Camat Balige, Senin (21/8/2023).

Bupati Toba, Poltak Sitorus saat menyerahkan langsung alat bantu bagi para penyandang disabilitas juga menggugah semangat para penerima bantuan.

Ia berharap melalui penerimaan alat bantu ini para penerima manfaat bisa lebih bersemangat sehingga ikut juga memberikan motivasi bagi pemerintah.

“Bapak,ibu harus kuat jasmani dan rohaninya. Lewat bantuan ini dapat menguatkan jasmani bapak,ibu. Terimalah bantuan ini dengan senang hati, dengan demikian Bapak,ibu bisa menguatkan kami. Jika kalian semangat dan mampu berbuat sesuatu yang lebih, maka akan menjadi memotivasi bagi kami. Semoga bantuan ini bermanfaat buat bapak,ibu sekalian,” kata Poltak Sitorus didampingi Kadis Sosial Lalo H.Simanjuntak, Sekcam Balige Nova Pardede, Kadis Kesehatan dr.Freddi S .Sibarani, dan Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar.

Seusai dari kantor Camat Balige, Bupati Poltak Sitorus dan rombongan menuju Kantor Camat Laguboti.

Di Gedung Pertemuan Laguboti, Camat Laguboti, Aprillia Nessy Tampubolon menyampaikan terima kasih kepada Bupati Poltak Sitorus atas berbagai bantuan dan perhatian pemerintah ,termasuk melalui Dinas Sosial yang diterima warganya.

Pada kesempatan ini, Bupati Poltak Sitorus juga memberikan pesan agar warga bersama-sama ikut memperbaiki ke arah yang lebih baik secara terus menerus atau yang sering disebutnya dalam Bahasa Batak yaitu Pature torus,torus pature .

Perubahan itu dimulai dari hal kecil, dari diri sendiri ,dengan menjadikan kekurangan menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik nantinya.

Para penerima alat bantu ini diharapkan semakin mandiri dan produktif, serta mampu memperluas ruang geraknya.

Setelah menyampaikan pesan membangun hal-hal positif ini, Bupati Poltak Sitorus menyerahkan alat bantu kepada 13 penyandang disabilitas.

Sebelumnya Kadis Sosial, Lalo Simanjuntak melaporkan bahwa jumlah warga yang layak menerima bantuan serupa berjumlah 1670 orang. Namun karena keterbatasan anggaran, untuk tahun ini Kabupaten Toba masih hanya bisa menyalurkan bantuan untuk 98 orang saja.(SB/MPS)